Jelang Imlek, Nelayan Cilacap Panen Ikan Bawal Putih

Jelang Imlek, Nelayan Cilacap Panen Ikan Bawal Putih

Pariman menunjukkan bawal putih hasil tangkapannya, menjelang imlek bawal putih muncul di perairan Cilacap, Kamis (1/2/2024).-JULIUS/RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Menjelang perayaan Tahun Baru Imlek 2575 yang jatuh pada tanggal 10 Februari, ikan Bawal Putih mulai bermunculan di perairan selatan Kabupaten Cilacap.

Berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, harga ikan bawal putih ukuran besar atau di atas 6 ons per ekor bisa mencapai kisaran Rp 700 ribu per kilogramnya.

"Sudah hampir 2 bulan, ikan bawal mulai muncul diperairan Cilacap. Ikan ini kan munculnya musiman, dan ini kebetulan bersamaan dengan perayaan imlek," kata Pariman, Nelayan Dermaga 3 Cilacap, Kamis (1/2/2024).

Ia menyebutkan, para nelayan bisa membawa per hari antara 60 kg hingga 1 kwintal dengan harga berviariatif tergantung ukuran ikan.

BACA JUGA:Mantap, PSCS Cilacap U-15 Lolos Babak Semi Final Putaran Nasional Piala Soeratin

BACA JUGA:Terminal Karangpucung Lama Sudah Dipindah ke Terminal Baru

"Untuk ukuran 1 ons dijual Rp 60 ribu, ukuran 2 ons Rp 90 ribu, ukuran 3 ons bisa Rp 150 ribu , ukuran 5 ons Rp 250 ribu, dan untuk ukuran 6, 7, 8 hingga 1 kg bisa mencapai Rp 400 ribu lebih per kilogram. Bahkan seminggu jelang imlek bisa mencapai Rp 700 – Rp 800 ribu per kilogram," lanjutnya.

Diketahui, bagi etnis Tionghoa, ikan bawal putih tak sekadar hidangan. Ikan ini menjadi perlambang keberuntungan yang mesti dihidangkan dalam perayaan hari-hari besar. (jul)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: