Jembatan Gantung Dilewati Normal, DPU PR Siagakan Anggaran Pemeliharaan Tiap Tahun

Jembatan Gantung Dilewati Normal, DPU PR Siagakan Anggaran Pemeliharaan Tiap Tahun

Normal : Kondisi jembatan gantung Sindang, Mrebet sudah bisa dilalui beberapa pekan terakhir, seperti pada Rabu 31 Januari 2024.-Amarullah Nurcahyo/RADARMAS-

PURBALINGGA,RADARBANYUMAS.DISWAY.ID- Jembatan gantung yang menghubungkan Desa Sindang (Mrebet) dengan Desa Banjaran (Bojongsari), rusak Desember 2023 lalu, Kini sudah bisa dilalui sepeda motor kembali. Namun Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU PR) PURBALINGGA menyatakan belum pernah ada kajian daya tahan jembatan.

"Prinsip kami, ada anggaran pemeliharaan tiap tahun. Lalu saat ada kerusakan segera ditangani," tutur Kepala DPU PR Purbalingga, Istanto Sugondo, Rabu 31 Januari 2024.

Kondisi jembatan sepanjang kurang lebih 70 meter di atas aliran Sungai Klawing itu, biasanya mengalami kerusakan di bantalan kayu dan baut bantalan jembatan. 

Kondisinya semakin mengkhawatirkan jika ada kerusakan, warga tidak melaporkannya. Ia tak menginginkan sampai ada kejadian yang tak diharapkan.

BACA JUGA:Banyak Baut Hilang, Jembatan Gantung Ditutup Sepekan

BACA JUGA:Bahaya, Jembatan Gantung Sindang-Banjaran Kembali Rusak

Seperti diketahui, jembatan gantung itu pertama dibuat dengan campur tangan pemerintah provinsi pada kurun waktu tahun 1994-1995. Tahun 2005 silam pernah roboh, namun tak ada korban jiwa, lalu tahun 2019, tahun 2020 dan tahun 2022 lalu ada kerusakan pada bantalan kayu hingga ditutup total. Karena semakin dimakan usia, warga khawatir, kondisinya akan semakin parah.

Jembatan itu tetap menjadi pilihan warga dua desa dan pengguna jalan lain untuk ke ibukota kabupaten. (amr)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: