Debit Air Tinggi, Jembatan di Desa Ujunggagak, Kampung Laut Hanyut

Debit Air Tinggi, Jembatan di Desa Ujunggagak, Kampung Laut Hanyut

Jembatan di Desa Ujunggagak, Kecamatan Kampung Laut, Kabupaten Cilacap, hanyut karena debit air tinggi. -Tangkapan Video Kades Ujunggagak untuk Radarmas-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Hujan deras yang terjadi pada Selasa (30/1/2024), menyebabkan jembatan di Dusun Ciberem Desa Ujunggagak, Kecamatan Kampung Laut, Kabupaten Cilacap hanyut.

Kepala Desa Ujunggagak, Juandi menjelaskan, jembatan tersebut roboh lantaran hujan deras sehingga tidak dapat menahan debit air yang besar.

"Roboh semalam hujan deras, sekitar 03.00 - 04.00 WIB air banjir dari arah Sitinggil dan air membawa sampah banyak sehingga sampah menumpuk di jembatan," katanya, Rabu (31/1/2024).

Juandi mengatakan, akibatnya, tiang patok penyangga jembatan tersebut tidak kuat menahan debit air dan roboh terbawa arus air. 

BACA JUGA:Gempa Berkekuatan Kecil Guncang Cilacap

BACA JUGA:Perbaikan Pasar Kroya Telan Dana Rp 80 Miliar

"Karena itu, anak-anak sekolah dan warga tidak bisa melewati jembatan itu lagi. Mereka harus memutar 14 kilometer. Untuk hari ini anak-anak dari seberang timur tidak sekolah," ujarnya.

Dikatakan, pihaknya sudah melaporkan kejadian tersebut dengan pihak berwenang, namun hingga saat ini belum ada yang merespon. 

"Penanganan darurat sampai saat ini belum ada, kemarin sudah koordinasi untuk penanganan darurat tapi belum ada yang merespon," katanya.

Dikhawatirkan Juandi, jika hujan kembali turun, debit air di sungai akan lebih besar dan menyebabkan banjir di wilayah tersebut. Selain itu, realisasi perbaikan jembatan yang direncanakan pemerintah bisa segera terealisasikan.

"Hujan deras lagi sampai dua hari, kemungkinan ada potensi lebih besar, karena air nambah besar dan keruh, sampah lebih banyak. Masyarakat perlu waspada," ujar Juandi. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: