Mengenal Tentang Jenis-jenis Imunisasi untuk Anak

Mengenal Tentang Jenis-jenis Imunisasi untuk Anak

Jenis-jenis Imunisasi untuk anak-Pinterest -

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Imunisasi merupakan salah satu cara yang efektif untuk melindungi anak dari penyakit-penyakit yang berbahaya. Dengan memberikan Imunisasi pada anak, sistem kekebalan tubuhnya akan terlatih untuk melawan infeksi dan penyakit tertentu. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang Imunisasi serta berbagai jenis-jenis Imunisasi untuk anak.

Apa Itu Imunisasi?

 

Imunisasi adalah proses pemberian vaksin atau vaksinasi kepada seseorang untuk memicu respons sistem kekebalan tubuhnya terhadap suatu penyakit tertentu. Dengan memberikan imunisasi, tubuh akan memproduksi antibodi yang dapat melindungi individu tersebut dari infeksi penyakit yang disebabkan oleh bakteri atau virus yang terkandung dalam vaksin. Tujuan utama imunisasi adalah untuk mencegah penyakit dan menurunkan angka kesakitan serta kematian yang disebabkan oleh penyakit-penyakit tertentu.

BACA JUGA:Hari Pertama Sub PIN Polio, 24.112 Anak di Purbalingga Terima Imunisasi Tambahan

BACA JUGA:Imunisasi Polio di Cilacap Menyasar 194.418 Anak Usia 0 hingga 7 Tahun

Jenis-jenis Imunisasi Untuk Anak

Berikut ini adalah beberapa jenis-jenis imunisasi untuk Anak:

1. Imunisasi Dasar Lengkap (IDL)

Imunisasi dasar lengkap adalah serangkaian vaksin yang diberikan pada anak sejak bayi hingga usia 5 tahun. Vaksin yang termasuk dalam IDL meliputi: - BCG (Bacille Calmette-Guerin)

- Hepatitis B

- Polio

- DPT (Difteri, Pertusis, Tetanus)

- Hib (Haemophilus influenzae type b)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: