Ketahui Mitos dan Fakta Menarik tentang Manfaat Minum Air Hangat untuk Tubuh

Ketahui Mitos dan Fakta Menarik tentang Manfaat Minum Air Hangat untuk Tubuh

Manfaat Minum Air Hangat-Freepik-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Minum air hangat memiliki beragam kegunaan bagi kesehatan badan, seperti membantu mengurangi gejala flu atau meredakan rasa sakit. Namun, beberapa anggapan yang belum terbukti kebenarannya juga berkembang terkait manfaat air hangat. Mari kita telaah mitos dan fakta seputar manfaat Minum air hangat dalam artikel ini.

Tubuh akan kehilangan cairan melalui berbagai proses seperti berkeringat saat beraktivitas, pengeluaran urine dan feses, serta penguapan melalui napas dan pori-pori kulit. Itulah sebabnya, penting untuk mengonsumsi air hangat atau dingin guna menggantikan cairan yang hilang tersebut, sehingga metabolisme tubuh tetap berjalan dengan lancar. 

Namun, apakah benar minum air hangat memiliki keunggulan dibandingkan air dingin?

Mitos seputar Manfaat Minum Air Hangat

Di bawah ini adalah beberapa mitos yang muncul terkait konsumsi air hangat yang perlu diperhatikan:

BACA JUGA:Menggali Dampak Kebanyakan Minum Air Putih bagi Tubuh Anda, Menyehatkan atau Bahaya?

BACA JUGA:Pentingnya Minum Air Putih untuk Kesehatan Tubuh

1. Minum air hangat dapat membersihkan saluran pencernaan

Air hangat yang dicampur dengan garam tanpa yodium diyakini dapat membantu dalam proses detoksifikasi tubuh atau pembuangan racun. Air garam hangat ini diyakini memiliki efek laksatif yang dapat merangsang buang air besar lebih cepat.

Metode ini diyakini dapat membersihkan saluran cerna dari racun, parasit, serta membantu mengatasi sembelit. Meskipun demikian, keefektifan manfaat air garam hangat masih perlu dipertanyakan. 

Konsumsi air garam hangat memang dapat merangsang gerakan usus, membantu mengatasi sembelit, namun belum ada bukti ilmiah yang dapat menegaskan manfaatnya untuk detoksifikasi tubuh atau menghilangkan limbah, racun, dan parasit dari saluran pencernaan.

Minum air hangat asin saat perut kosong juga dapat menimbulkan efek samping, seperti mual, muntah, kembung, dan bahkan dehidrasi. Terlebih lagi, konsumsi minuman ini dapat meningkatkan risiko kelebihan natrium yang dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, dan dapat berbahaya bagi penderita penyakit jantung dan ginjal.

BACA JUGA:Apakah Minum Air Es Menyebabkan Kenaikan Berat Badan? Cek Faktanya di Sini!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: