Jenang Jaket Khas Purwokerto: Gabungan Kelezatan Manis, Gurih, dan Legit yang Tak Terlupakan

Jenang Jaket Khas Purwokerto: Gabungan Kelezatan Manis, Gurih, dan Legit yang Tak Terlupakan

Jenang Jaket-Radar Banyumas-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Istilah "jaket" di Banyumas tidak hanya merujuk pada pakaian yang digunakan saat musim dingin. Di Banyumas, istilah "jaket" sering kali terkait dengan sebuah makanan khas yang terbuat dari tepung ketan dan gula.

Secara lokal, istilah "jaket" di Banyumas sebenarnya adalah singkatan dari jenang ketan. Jenang jaket menjadi salah satu makanan tradisional yang sangat diminati, terutama sebagai oleh-oleh atau untuk dinikmati sendiri.

Proses pembuatan Jenang jaket memakan waktu yang cukup lama dan memerlukan ketelatenan. Oleh karena itu, produksinya tidak sebanyak makanan tradisional lainnya. Namun, hal itulah yang membuat jenang jaket begitu istimewa.

Makanan ini memiliki rasa manis yang khas dan tekstur yang lembut, dan telah menjadi salah satu makanan tradisional yang cukup terkenal. Bagi masyarakat Banyumas, terutama di Purwokerto, jenang jaket sudah menjadi sesuatu yang familiar karena merupakan salah satu jajanan khas daerah.

BACA JUGA:Kelezatan Kue Tradisional Khas Banyumas

BACA JUGA:Serba-Serbi Jenang Jaket, Kuliner Legit Khas banyumas

Keunikan dari jenang jaket ini terletak pada teksturnya yang kenyal namun tidak lengket atau bahkan kalis di tangan karena ditaburi dengan wijen.

Jika Anda ingin mengunjungi pusat produksi jenang jaket, Anda dapat pergi ke daerah Mersi Purwokerto. Di sana, Anda dapat melihat proses pembuatannya dan mencicipi jenang jaket secara langsung dari dapurnya.

Jenang jaket sendiri memiliki dua varian, yaitu jenang jaket polos dan jenang jaket dengan wijen untuk cita rasa yang lebih gurih. Harganya antara kedua varian tersebut tidak terlalu berbeda jauh, dengan harga sekitar Rp16.000 per bungkus untuk jenang jaket polos, dan Rp17.000 per bungkus untuk jenang jaket dengan wijen.

Untuk pembelian dalam jumlah yang lebih besar, jenang jaket juga dijual per kilogram dengan harga sekitar Rp32.000 untuk jenang jaket polos dan Rp34.000 untuk jenang jaket dengan wijen.

BACA JUGA:Nopia, Jajanan Tradisional Khas Banyumas

BACA JUGA:Resep Nopia, Kue Tradisional Khas Banyumas yang Nikmat dan Lezat

Cara Membuat Jenang Jaket

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: