262 Event Gempa Bumi Terjadi Selama 2023 di Kabupaten Cilacap

262 Event Gempa Bumi Terjadi Selama 2023 di Kabupaten Cilacap

Ilustrasi wilayah pesisir selatan Cilacap.-RAYKA/RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Sebanyak 262 event gempa bumi terjadi di Kabupaten CILACAP selama tahun 2023. Kekuatan gempa bervariatif, dari kekuatan magnitudo (M) 1,5 hingga M 4,3.

Kepala BMKG Stasiun Geofisika Banjarnegara, Hery Susanto Wibowo mengatakan, gempa-gempa tersebut merupakan gempa bumi tektonik dangkal. 

"Jumlah data gempa Cilacap selama 2023 ada 262 event. Magnitude maksimal 4,3 dan magnitude minimal 1,5," kata Hery, Jumat (26/1/2024).

Dikatakan, gempa-gempa tersebut merupakan bagian dari pelepasan energi yang diharapkan dapat meminimalisasi terjadinya gempa yang lebih besar. 

BACA JUGA:Jelang Laga Kontra Kalteng Putra, PSCS Cilacap Target Sapu Bersih Laga Kandang Terakhir

BACA JUGA:Kios Sembako di Dayeuhluhur Terbakar, Penyebab Percikan Api dari Kabel Listrik

Selain itu, tidak ada aktivitas kegempaan yang signifikan. Untuk itu, masyarakat tidak perlu khawatir dan panik yang berlebihan.

"Kabupaten Cilacap merupakan daerah rawan gempa dan bencana tsunami. Karena terdapat pertemuan lempeng teknonik yang ada di selatan Jawa yang merupakan sumber gempa," ujarnya.

Hery menjelaskan, penyebab gempa di selatan Cilacap, dikarenakan adanya subduksi dari pertemuan lempeng Indo-Australia dan Eurasia.

"Tidak perlu panik yang berlebihan karena kita memang tinggal di wilayah rawan bencana.  Yang perlu dilakukan adalah mitigasi bencana yang diperkuat dengan menyiapkan segala sesuatu terkait dengan evakuasi," kata dia. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: