Modal Botol Plastik Bekas, Ampuh Menekan Perkembangan Nyamuk

Modal Botol Plastik Bekas, Ampuh Menekan Perkembangan Nyamuk

Warga di Desa Karanggintung Kecamatan Sumbang yang tergabung dalam kelompok penerima manfaat Program Keluarga Harapan (PKH) Ibu Hebat antusias membuat alat perangkap nyamuk sederhana, Selasa (23/1/2024).-Bayu untuk Rdarmas-

BANYUMAS, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Warga di Desa Karanggintung, Kecamatan Sumbang yang tergabung dalam kelompok penerima manfaat Program Keluarga Harapan (PKH) Ibu Hebat, antusias membuat alat perangkap nyamuk sederhana.

Pembuatan perangkap nyamuk sederhana merupakan salah satu upaya menekan perkembangan nyamuk. Di musim penghujan biasanya banyak muncul kasus demam berdarah (DB).

"Perangkap nyamuk sederhana terbuat dari bahan-bahan yang mudah didapatkan di sekitar kita dan murah, sehingga dapat dibuat oleh semua orang," papar Pendamping Sosial PKH Kecamatan Sumbang, Bayu Handoko, Rabu (24/1/2024).

Kegiatan tersebut merupakan kolaborasi dengan Dosen Agroteknologi Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Purwokerto, Rifqi Adisonda, SP, MP dan Ratna Dwi Hirma Windriyati, SP, MSi.

BACA JUGA:Inilah Tanaman Pengusir Nyamuk yang Ampuh dan Efektif

BACA JUGA:6 Rekomendasi Tanaman Pengusir Nyamuk yang Wajib Dimiliki Setiap Rumah

Perangkap nyamuk sederhana ini sekaligus solusi bagi yang mengalami gangguan pernafasan akibat penggunaan obat nyamuk bakar. Juga, untuk kulit sensitif atau iritasi ketika memakai lotion anti nyamuk.

Sebagaimana namanya, cara membuat perangkap nyamuk sederhana sangat mudah. Hanya membutuhkan botol plastik bekas air mineral. Lalu, botol dipotong menjadi dua bagian.

Selanjutnya, bagian botol atas dibalik dan dimasukkan ke potongan botol bagian bawah. Kemudian, botol direkatkan menggunakan lakban dan ditutup dengan kresek hitam.

"Perangkap nyamuk sederhana yang sudah jadi lalu diisi larutan fermentasi singkong. Cara pembuatan fermentasi singkong mudah sekali," terang Bayu.

BACA JUGA:8 Penyakit yang Disebabkan Oleh Nyamuk, Tak Hanya Demam Berdarah dan Malaria saja!

BACA JUGA:Butuh Waktu, Inovasi Nyamuk Wolbachia Belum Diterapkan di Purbalingga

Komposisi fermentasi singkong tidak banyak. Hanya singkong parut 110 gram, ragi halus 1 gram dan air 200 ml. Kemudian, semua bahan diaduk rata dan ditutup rapat atau difermentasikan selama dua jam. Setelah itu, tuangkan larutan ke alat perangkap nyamuk.

Perangkap nyamuk sederhana yang telah berisi larutan fermentasi singkong dapat diletakan di tempat-tempat yang berpotensi menjadi sarang nyamuk. Misalnya, kolong tempat tidur, di bawah meja dan lainnya. Pastikan botol tidak tumpah dan ternaungi dari air hujan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: