Jadi Rangkaian Hari Jadi, Pemkab Banyumas Agendakan Pentas 10 Penari Lengger Banyumasan

Jadi Rangkaian Hari Jadi, Pemkab Banyumas Agendakan Pentas 10 Penari Lengger Banyumasan

Jalan Bung Karno Purwokerto akan menjadi tempat puncak acara hari jadi Kabupaten Banyumas 22 Februari mendatang, dengan penampilan 10 ribu lengger.-DIMAS PRABOWO/RADARMAS-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Pemkab Banyumas, bakal mengandekan pentas 10 ribu penari lengger Banyumasan sebagai salah satu rangkaian kegiatan hari jadj Kabupaten Banyumas ke - 453. Jalan Bung Karno, bakal menjadi 'panggung' bagi 10 ribu penari lengger Banyumasan tersebut. 

"Penarinya terdiri dari unsur pelajar mulai dari SD sampai mahasiwa dan masyarakat umum. Tari dan lagunya sudah dipersiapkan oleh panitia," kata Kabag Kesra Setda Kabupaten Banyumas Suwondo Geni. 

Ia menuturkan, untuk waktu pelaksanaannya saat ini masih tentatif. Rencananya digelar di akhir bulan Februari nanti. 

BACA JUGA:5.587 Orang Dilantik Jadi Pengawas TPS di Banyumas

"Hanya saja harus komunikasi dengan pengamanan karena melibatkan banyak orang," jelasnya. 

Pemilihan Jalan Bung Karno sebagai lokasi untuk kegiatan tersebut bukan tanpa alasan. Jalan tersebut dinilai representatif untuk menggelar event akbar, karena lalu lintasnya belum terlalu padat. 

"Karena dari segi aksesbilitas belum seramai Jensud dan jalan lainnya. Ke depan jalan itu sebagai tempat event-event," terangnya. 

BACA JUGA:Pedagang di Embung Watuagung Ditata

Melibatkan 10 ribu penari ia sebut, bakal mengundang tim rekor muri. Kegiatan tersebut ia jelaskan, juga menjadi salah satu sarana edukasi bagi masyarakat agar bisa mengenal dan melestarikan warisan budaya asli Banyumas. 

"Pesertanya begitu siap kami akan berkoordinasi dengan sekolah-sekolah. Sampai saat ini belum mendata, tapi kalau mencari 10 ribu bisa tercapai," pungkasnya. (aam)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: