Pedagang di Embung Watuagung Ditata

Pedagang di Embung Watuagung Ditata

BPD dan Pemerintah Desa Watuagung serta pelaku usaha membahas pengelolaan, penataan dan kepengurusan UMKM yang jualan di embung, Jumat (19/1/2024) malam lalu di Aula Kantor Desa Watuagung.-Nuryadi untuk Radarmas-

BANYUMAS, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Watuagung Kecamatan Tambak yang diketuai Chamim, berinisiatif mengelola pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang telah aktif berdagang di Embung Watuagung.

Saat ini, Embung Watuagung sudah banyak pengunjung terutama di akhir pekan pada Sabtu dan Minggu. Keramaian tersebut menarik minat pedagang untuk berjualan.

"Maka perlu adanya penataan dan kepengurusan UMKM, khususnya para pedagang yang mencari nafkah di embung," terang Kepala Dusun 1 Nuryadi, Selasa (23/1/2024).

Pada Jumat (19/1/2024) malam lalu, bertempat di Aula Kantor Desa Watuagung, diadakan pertemuan untuk membahas pengelolaan, penataan dan kepengurusan UMKM. Musyawarah dihadiri Pemerintah Desa Watuagung dan pelaku usaha yang gelar lapak di embung.

BACA JUGA:Embung Watuagung Dilengkapi Permainan Anak, Jadi Sasaran Tempat Healing Baru

BACA JUGA:Embung Watuagung Didesain untuk Pejalan Kaki

Hasil pertemuan, terpilih Sumardi sebagai Ketua UMKM Desa Watuagung. Dari sebanyak 44 pemilih yang hadir, 22 orang di antaranya memberikan suara untuk Sumardi.

"Kepengurusan UMKM agar para pedagang lebih tertata dan terorganisasi," imbuh Nuryadi.

Tercatat, pelaku usaha yang di akhir pekan jualan di Embung Watuagung sekira 25 orang. Semuanya orang lokal Desa Watuagung. Mereka merupakan pedagang yang biasanya keliling.

Lokasi Embung Watuagung yang diperbolehkan untuk mangkal pedagang, berada di area parkir. Sementara itu, bagi pelaku usaha dari luar wilayah Desa Watuagung yang ingin menjajal jualan di Embung Watuagung, harus mengajukan izin terlebih dahulu kepada Pengurus UMKM Watuagung.

Pembangunan embung mulai memperlihatkan dampak positif di sektor perekonomian. Dengan adanya embung menjadi alternatif tambahan peluang rezeki bagi pedagang. (fij)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: