5 Fakta Unik Banyumas yang Wajib Diketahui!

5 Fakta Unik Banyumas yang Wajib Diketahui!

5 Fakta Unik Banyumas-Wikipedia-

3. Destinasi Wisata 


Destinasi wisata di Banyumas sangat beragam dan menawarkan berbagai pilihan menarik bagi pengunjung. Salah satu contoh destinasi alamnya adalah Baturraden, Pancuran Pitu, Pancuran Telu, Gua SaraBadak, Curug Gede, Curug Ceheng, Curug Belot, Bumi Perkemahan Kendalisada, Telaga Sunyi, dan Mata Air Panas Kalibacin.

BACA JUGA:Mitos Jalan Krumput Kabupaten Banyumas, Lempar Koin Supaya Selamat!

BACA JUGA:Menjelajahi Kebun Raya Baturraden: Jam Buka, Harga Tiket Masuk, dan Daya Tariknya

Sementara itu, bagi yang tertarik dengan wisata sejarah, Banyumas memiliki tempat seperti Masjid Saka Tunggal, Museum Wayang Sendang Mas, Museum BRI Purwokerto, dan Museum Jenderal Soedirman.

Banyumas juga menyediakan destinasi khusus untuk keluarga, seperti Combong Valley Paint Ball and War Games, Serayu River Voyage, Dreamland Spring Water Park, Depo Bay, Taman Rekreasi Andhang Pangrenan, Baturraden, The Forest Island Baturraden, dan masih banyak lagi.

4. Seni dan Tari Tradisional


Tidak hanya itu, fakta unik Banyumas yang berikutnya yaitu dalam hal tarian dan seni tradisional. Tarian khas Banyumasan seperti Tari Jengger, Sintren, Aksimuda, Buncis, dan ebeg menambah keberagaman budaya di wilayah ini. Setiap tarian memiliki ciri khasnya sendiri dan menjadi bagian dari warisan budaya yang berharga.

5. Kuliner Khas Banyumas


Ada berbagai hidangan khas Banyumas yang terkenal, dan salah satu yang paling terkenal adalah tempe mendoan. Tempe mendoan merupakan variasi tempe yang dilapisi tepung dengan tambahan bumbu rempah tertentu sebelum digoreng.

Ahmad Tohari, seorang penulis dan budayawan asal Banyumas, menjelaskan bahwa mendoan pertama kali ditemukan selama proses pembuatan keripik tempe. Saat menggoreng keripik tempe, tempe digoreng setengah matang. Setelah dingin, tempe kemudian digoreng kembali. Tohari, yang pernah tinggal di dekat pusat pembuatan keripik tempe di Purwokerto, mengakui bahwa saat ini, mendoan lebih populer dibandingkan keripik tempe.

Itulah 5 fakta unik Banyumas yang mungkin belum Anda ketahui. Semoga artikel ini telah memberikan wawasan baru dan memicu minat untuk menjelajahi lebih dalam pesona Banyumas, sebuah wilayah yang sarat dengan keunikan yang patut untuk diexplore.(amp)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: