5 Fakta Unik Banyumas yang Wajib Diketahui!

5 Fakta Unik Banyumas yang Wajib Diketahui!

5 Fakta Unik Banyumas-Wikipedia-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Kabupaten Banyumas, selain dikenal sebagai tanah penutur Bahasa Ngapak dan tempat kelahiran Tempe Mendoan yang terkenal, juga menyimpan sejumlah keajaiban dan keunikan yang layak untuk dijelajahi. 

Tentu saja, Banyumas memiliki lebih banyak cerita menarik yang belum banyak diketahui. Mari kita simak lima fakta unik Banyumas yang jarang diketahui. 

5 Fakta Unik Banyumas

1. Makna Nama Banyumas


Asal-usul kata "Banyumas" berasal dari dua kata, yaitu "banyu" dan "mas". "Banyu" berarti "air", sementara "mas" berarti "emas". Nama ini diberikan oleh seorang pemuda dari Roma yang berkunjung ke wilayah ini selama perjalanan kelilingnya.

Ketika tiba di Banyumas, pemuda tersebut melihat penduduk antri di sumber air karena musim kemarau. Mereka mengatakan "rega banyu kaya mas" (harga air seperti emas), dan dari situlah nama tempat ini terbentuk.

BACA JUGA:5 Lagu Tentang Purwokerto Ini Bisa Buatmu Rindu Kota Satria

BACA JUGA:Menyingkap 6 Mitos di Banyumas yang Legendaris dan Masih Dipercaya Hingga Kini

2. Keistimewaan Budaya Banyumasan


Fakta unik Banyumas yang berikutnya yaitu keistimewaan budayanya. Budaya Banyumasan memiliki keunikannya sendiri yang berbeda dari daerah lain di Jawa Tengah, meskipun tetap memiliki akar budaya Jawa. Salah satu seni pertunjukan khas Banyumas adalah wayang kulit gagrag Banyumas.

Wayang kulit gragak Banyumasan memiliki dua gaya, yaitu Gragak Kidul Gunung dan Gragak Lor Gunung. Keistimewaan dari wayang kulit gragak Banyumasan terletak pada nuansa kerakyatannya yang sangat kuat dalam pertunjukannya. Selain itu, terdapat juga seni tutur tradisional bernama Begalan yang sering digunakan dalam upacara pernikahan. 

Begalan menggunakan peralatan dapur dengan makna simbolis yang mengandung falsafah Jawa untuk memberikan nasihat kepada pengantin agar memiliki kehidupan rumah tangga yang bahagia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: