Belasan Rumah Rusak Akibat Angin Kencang di Cilacap

Belasan Rumah Rusak Akibat Angin Kencang di Cilacap

Rumah warga di Desa Jetis, Kecamatan Nusawungu, Kabupaten Cilacap tertimpa pohon.-BPBD Cilacap untuk Radarmas-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Cuaca ekstrem di wilayah Kabupaten CILACAP menyebabkan belasan rumah di wilayah CILACAP bagian timur mengalami kerusakan, akibat hujan deras dan angin kencang

Kepala TU UPT BPBD Kroya, Mijan mengatakan, peristiwa itu terjadi di beberapa desa di wilayah Kecamatan Nusawungu dan Kecamatan Kroya, sejak Jumat (19/1/2024) dan Sabtu (20/1/2024).

"Ada 14 rumah di Desa Karangpakis Nusawungu yang mengalami kerusakan akibat angin kencang. Dua rumah diantaranya mengalami kerusakan berat akibat tertimpa pohon," kata dia, Minggu (21/1/2024).

Mijan mengatakan, akibat kerusakan tersebut kerugian materiil ditaksir mencapai lebih dari Rp 40 juta. Pihaknya juga telah memberikan bantuan material dari BPBD Kabupaten Cilacap untuk perbaikan.

BACA JUGA:Jembatan Gantung di Bulaksari, Cilacap Butuh Penanganan, Akses Utama Penghubung Dua Desa

BACA JUGA:Terganjal Usia, 50 Guru Madrasah di Cilacap Belum Dapatkan SK Inpassing

Selain itu, di Desa Jetis Nusawungu terdapat dua rumah yang mengalami kerusakan akibat  pohon tumbang yang menimpa rumah milik warga.

"Sejumlah kerugian meliputi teras rumah rusak, asbes hancur, kabel PLN putus. Masyarakat juga sudah melakukan gotong royong untuk memperbaiki rumah-rumah yang rusak tersebut," kata Mijan.

Sedangkan di Desa Gentasari Kecamatan Kroya, angin kencang menyebabkan atap dapur milik warga ambruk. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

"Dari kejadian tersebut, kerusakannya ada yang ringan, sedang, hingga berat. Rata-rata atapnya hilang terbawa angin," kata Mijan.

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat agar tetap waspada dan siap siaga menghadapi potensi bencana hidrometeorologi, seperti banjir, angin kencang yang saat ini berpotensi besar terjadi di beberapa daerah di Indonesia. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: