Appraisal Tukar Guling Tanah Desa Karangtengah dan Pemkab Banyumas Selesai

Appraisal Tukar Guling Tanah Desa Karangtengah dan Pemkab Banyumas Selesai

Diukur Oktober tahun lalu, pertengahan bulan ini proses Appraisal tukar menukar tanah Desa Karangtengah dengan Pemkab Banyumas untuk pembangunan SMA Negeri Cilongok selesai.-Yudha Iman Primadi/Radar Banyuma-

BANYUMAS, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Setelah dilakukan pengukuran tahun lalu, proses appraisal tukar guling tanah Desa Karangtengah dan Pemkab Banyumas selesai.

Kepala Bidang Pemerintahan Desa Dinsospermades Banyumas, Bambang Junaidi mengatakan, pihaknya telah mengetahui nilai dari tanah Desa Karangtengah di sebelah SD Negeri 1 Karangtengah, yang direncanakan akan dibangun SMA Negeri Cilongok, dengan nilai tanah Pemkab Banyumas di beberapa titik yang menjadi objek tukar guling.

"Proses appraisalnya sudah selesai. Taksiran harga kami sudah lihat," katanya.

Bambang menjelaskan, untuk taksiran harga tanah milik Pemkab di beberapa titik yang menjadi objek tukar guling dengan taksiran harga tanah milik Desa Karangtengah, nilai tanah Pemkab Banyumas masih lebih tinggi dibandingkan tanah milik desa. Dengan demikian maka proses tukar guling dapat dilanjutkan ke tahap berikutnya.

"Nilai tanah yang didapat desa sebagai ganti untung memang boleh lebih tinggi. Kalau lebih rendah tidak bisa," terang dia.

Adapun setelah appraisal selesai, penuntasan tukar menukar tanah Desa Karangtengah dengan tanah Pemkab Banyumas untuk SMA Negeri Cilongok didorong untuk dipercepat. Meski pembangunan menjadi kewenangan provinsi, pengguna sekolah penerima manfaat nantinya merupakan anak-anak Banyumas.

"Kami dorong agar secepatnya tukar menukar tanah untuk SMA Negeri Cilongok tuntas," pungkas Bambang. (yda)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: