Jumlah DPT di Kalisogra Wetan Paling Sedikit di Banyumas

Jumlah DPT di Kalisogra Wetan Paling Sedikit di Banyumas

PPK Kecamatan Kalibagor menggelar rapat koordinasi dan evaluasi tahapan pemilu 2024 beberapa waktu lalu.-Cahyanto untuk Radarmas-

BANYUMAS, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Desa Kalisogra Wetan merupakan daerah yang paling sedikit jumlah daftar pemilih tetap (DPT) di Banyumas, untuk musim Pemilu 2024. Desa dengan jumlah DPT paling sedikit tersebut berada di Kecamatan Kalibagor.

"Total pemilih dalam DPT Pemilu 2024 di Desa Kalisogra Wetan ada 765 orang. Paling sedikit di Kabupaten Banyumas," terang Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kalibagor, Cahyanto, Selasa (16/1/2024).

Sementara itu, hanya tersedia tiga tempat pemungutan suara (TPS) untuk 765 orang pemilih pada Februari 2024 mendatang. Lokasi TPS dibuat saling terpisah.

Cahyanto mengatakan, karena sedikitnya jumlah pemilih, apabila pemungutan suara di tiga TPS di Desa Kalisogra Wetan selesai lebih awal dari jam yang ditetapkan, maka tahap penghitungan suara tetap mengikuti jadwal KPU, tidak bisa maju.

BACA JUGA:Temuan Masyaraka di Banyumast, 20 Orang Belum Tercantum di DPT

BACA JUGA:Masih Menjadi Masalah, Jajaran Panwaslucam Diminta Awasi Ketat Penyusunan DPTb dan DPK

"Dengan sedikitnya jumlah pemilih dalam DPT, potensi kerawanan dalam pemilu rendah," ujar Cahyanto menganalisa situasi dan kondisi Desa Kalisogra Wetan.

Cahyanto menceritakan, Desa Kalisogra Wetan bukan pertama kalinya memiliki jumlah DPT yang paling sedikit di Kabupaten Banyumas. Namun sudah sejak pemilu periode sebelum-sebelumnya.

Selain itu, diharapkan dengan sedikitnya jumlah pemilih dalam DPT, nantinya pada proses pemungutan dan penghitungan suara lebih efektif dan lancar. (fij)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: