Menggali 5 Manfaat Terapi Musik untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Menggali 5 Manfaat Terapi Musik untuk Kesehatan Fisik dan Mental

5 Manfaat Terapi Musik untuk Kesehatan-Freepik-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Manfaat terapi musik dapat diperoleh melalui aktivitas mendengarkan musik atau bermain alat musik. Selain memberikan peningkatan pada kesehatan mental, terapi musik juga diyakini memiliki potensi untuk meningkatkan kualitas hidup individu yang menghadapi masalah kesehatan fisik.

Terapi musik termasuk dalam kategori psikoterapi yang menggunakan musik sebagai media utamanya. Seringkali, terapi ini digunakan sebagai metode untuk meredakan pikiran dan meningkatkan kesadaran diri bagi individu yang mengalami gangguan mental, seperti skizofrenia.

Lebih lanjut, terapi musik dapat diaplikasikan untuk mengelola berbagai kondisi fisik, mental, emosional, sosial, dan kognitif pada seseorang. Seorang terapis musik biasanya akan menilai dan menentukan pendekatan terapi musik yang sesuai dengan kebutuhan pasien. Berbagai metode terapi musik dapat diterapkan, mulai dari mendengarkan musik, bernyanyi, bermain alat musik, hingga menulis lagu.

5 Manfaat Terapi Musik

 

Tak hanya memberikan kegembiraan dan ketenangan, terdapat beragam manfaat terapi musik untuk kesehatan, antara lain:

BACA JUGA:Manfaat Belajar dengan Mendengarkan Musik

BACA JUGA:Rekomendasi Alat Musik yang Asik Dipelajari Bagi Pemula

1. Peningkatan kualitas tidur pada individu yang mengalami insomnia

Penelitian menunjukkan bahwa mendengarkan musik sebelum tidur dapat meningkatkan kualitas tidur bagi individu yang mengalami insomnia. Manfaat terapi musik ini terkait dengan kemampuan musik dalam menciptakan relaksasi tubuh, memungkinkan tidur lebih cepat dan nyenyak. Walaupun efektivitas terapi musik untuk mengatasi insomnia masih memerlukan penelitian lebih lanjut, terapi ini dianggap sebagai alternatif yang lebih aman daripada menggunakan obat tidur.

2. Pengurangan stres dan relaksasi pikiran

Manfaat terapi musik dapat meredakan stres dan menenangkan pikiran dengan mengurangi produksi hormon stres kortisol. Keefektifan terapi musik dalam meredakan stres dikaitkan dengan kemampuan musik dalam merangsang produksi hormon dopamin, yang dapat meningkatkan perasaan kebahagiaan dan ketenangan.

Melalui terapi musik, risiko masalah kesehatan yang terkait dengan stres, seperti gangguan kecemasan, depresi, nyeri kronis, dan masalah kesehatan lainnya, dapat berkurang.

3. Membantu mengontrol tekanan darah dan detak jantung

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: