6 Efek Samping Obat Penambah Darah dan Cara Mengatasinya

6 Efek Samping Obat Penambah Darah dan Cara Mengatasinya

Efek Samping Obat Penambah Darah-Freepik-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Efek samping obat penambah darah adalah keluhan yang umum, namun biasanya bersifat ringan dan bersifat sementara. Jika Efek samping tersebut menyebabkan ketidaknyamanan, seperti rasa mual atau kesulitan buang air besar, terdapat beberapa metode yang dapat diambil untuk mengatasi masalah tersebut.

Suplemen zat besi, asam folat, atau vitamin B12 merupakan obat penambah darah yang umum digunakan untuk mengatasi kondisi anemia. Penggunaan obat-obatan ini relatif aman jika sesuai dengan petunjuk penggunaan atau rekomendasi dari dokter.

Namun demikian, terdapat beberapa efek samping obat penambah darah, tergantung pada kandungan obat dan jenis formulasi obat yang digunakan.

6 Efek Samping Obat Penambah Darah dan Cara Mengatasinya

Dibawah ini terdapat berbagai efek samping obat penambah darah yang mungkin muncul beserta cara untuk menguranginya:

BACA JUGA:7 Rekomendasi Buah Penambah Darah Terbaik untuk Menunjang Kesehatan Tubuh

BACA JUGA:5 Bahan Alami untuk Menyembuhkan Gejala Anemia atau Kurang Darah

1. Masalah Pencernaan

Efek samping obat penambah darah yang umum terjadi mencakup keluhan pada saluran pencernaan seperti mual, muntah, diare, dan nyeri perut. Untuk menghindari efek samping ini, disarankan untuk mengonsumsi obat setelah makan dan tidak saat perut kosong, terutama bagi mereka yang mengidap penyakit asam lambung.

Pada wanita hamil yang memerlukan suplemen zat besi sebagai obat penambah darah, mual adalah keluhan umum. Untuk mengatasi ini, disarankan untuk mengonsumsi obat bersamaan dengan makanan atau sebelum tidur. Perlu diingat untuk menghindari makanan pedas dan asam serta menjaga asupan cairan dengan meminum air putih untuk mencegah dehidrasi.

Jika efek samping berlanjut atau mengganggu aktivitas sehari-hari, sebaiknya konsultasikan ke dokter agar dapat dilakukan penyesuaian dosis atau memberikan penanganan yang diperlukan.

2. Hilangnya Nafsu Makan

Beberapa orang mungkin mengalami hilangnya nafsu makan saat mengonsumsi obat penambah darah, meskipun sebenarnya penderita anemia membutuhkan asupan nutrisi yang cukup. Beberapa cara yang dapat dicoba untuk mengatasi efek samping obat penambah darah ini meliputi:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: