Sosialisasi Knalpot Brong, Petugas Polresta Cilacap Jadi Inspektur Upacara di Sekolah

Sosialisasi Knalpot Brong, Petugas Polresta Cilacap Jadi Inspektur Upacara di Sekolah

Petugas Polresta Cilacap saat menjadi inspektur upacara di salah satu sekolah menengah di Kabupaten Cilacap.-HUMAS POLRESTA CILACAP UNTUK RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Maraknya pengguna knalpot brong yang terjaring jajaran Satlantas Polresta CILACAP didominasi oleh para pelajar, membuat sosialisasi pelarangan penggunaan knalpot brong menyasar ke sekolah-sekolah.

Caranya, para petugas dari Polresta Cilacap menjadi inspektur upacara (Irup) di sekolah Kabupaten Cilacap. Hal itu menjadi kegiatan rutin setiap hari Senin.

"Kita terjunkan anggota jadi Irup di sekolah-sekolah. Tujuannya untuk mensosialisasikan kepada pelajar terkait maraknya penggunaan knalpot brong, terutama di kalangan anak muda atau pelajar," kata Kapolresta Cilacap Kombes Pol Ruruh Wicaksono ketika dikonfirmasi, Selasa (9/1/2024).

Terkait hal itu, jajaran Polresta Cilacap mencanangkan kegiatan "Cilacap Zero Knalpot Brong". Yaitu dengan melaksanakan kegiatan pencegahan, sosialisasi dan pembinaan, patroli serta melaksanakan penindakan bagi pelanggar yang menggunakan knalpot brong.

BACA JUGA:PSCS Cilacap Berada di Peringkat Paling Bawah Grup D Babak Play Off Degradasi Liga 2

BACA JUGA:Kedapatan Nongkrong di Jam Belajar, Puluhan Pelajar Kena Razia Satpol PP Satpol

"Harapan kami kepada pihak sekolah, untuk bersama-sama mensukseskan Cilacap Zero Knalpot Brong dengan mengawasi dan membina siswa siswinya di sekolah. Serta jadikan pelajar sebagai pelopor ketertiban dan keselamatan berlalu lintas," lanjutnya.

Hingga saat ini, jajaran Satlantas Polresta Cilacap telah melakukan penindakan sebanyak 161 knalpot brong. Setelah pemiliknya menyelesaikan administrasi dan denda tilang, kendaraan bisa diambil. Syaratnya dengan membawa dan mengganti knalpot standar.

"Penindakan serta sosialisasi ini sebagai upaya mengurangi penggunaan knalpot brong di jalan, karena juga berkaitan langsung dengan keselamatan lalu lintas di jalan," pungkas Kapolresta.(Jul)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: