Kunjungan Wisatawan ke Purbalingga Tahun 2023 Lampaui Target RPJMD

Kunjungan Wisatawan ke Purbalingga Tahun 2023 Lampaui Target RPJMD

Wisatawan di objek wisata Owabong Water Park.-ADITYA/RADARMAS -

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Dinporapar) Kabupaten Purbalingga mencatat kunjungan wisatawan ke Kabupaten Purbalingga, selama tahun 2023 mencapai 2,248 juta orang.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinporapar Kabupaten Purbalingga Prayitno kepada Radarmas, Senin, 8 Januari 2024.

"Data yang masuk masih bersifat sementara. Jadi bisa terjadi penambahan data masuk. Data kunjungan tersebut dicatat Januari hingga Desember 2023," kata mantan jurnalis ini.

Dia menambahkan, Daya Tarik Wisata (DTW) masih menjadi primadona wisatawan saat berkunjung ke Kabupaten Purbalingga.

BACA JUGA:35.703 Wisatawan Kunjungi Purbalingga Selama Libur Tahun Baru, D'Las Serang Paling Banyak Kunjungan

Total kunjungan wisatawan ke DTW ke Kabupaten Purbalingga selama tahun 2023 mencapai 1.456.278 orang.

Berada di posisi kedua adalah kunjungan wisatawan ke Deswita mencapai 704.288 orang. Sedanhkan, di posisi ketiga adalah kunjungan wisatawan MICE  atau Meeting, Incentive, Conference and Exhibition, sebanyak 98.283 orang.

Dia menjelaskan, total kunjungan wisatawan tersebut melebihi target yang dipatok Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga.

Target kunjungan wisatawan ke Kabupaten Purbalingga pada tahun 2023 adalah 2,1 juta. Jumlah tersebut sesuai target RPJMD atau Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah.

BACA JUGA:Libur Natal 29.493 Wisatawan Kunjungi Sejumlah Destinasi Wisata di Purbalinga

Prayitno optimis kunjungan wisatawan ke Kabupaten Purbalingga bisa kembali menempati posisi empat besar, kunjungan wisatawan di Provinsi Jawa Tengah.

Dia juga optimis pariwisata bisa menjadi andalan Pemkab Purbalingga dalam memenuhi pendapatan asli daerah (PAD). Serta menggerakkan perekonomian di Kabupaten Purbalingga, terutama di sektor UMKM atau usaha mikro kecil dan menengah. (tya)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: