Masih Ada Puluhan Hektare Kawasan Kumuh di Kabupaten Cilacap

Masih Ada Puluhan Hektare Kawasan Kumuh di Kabupaten Cilacap

Pj Bupati Cilacap, Awaluddin Muuri -DOK RAYKA/RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Di Kabupaten CILACAP terdapat 139,48 hektare kawasan kumuh. Dari jumlah tersebut, sudah 80,38 hektare kawasan yang sudah ditangani oleh Pemerintah Kabupaten CILACAP selama tahun 2023. 

Pj Bupati Cilacap Awaluddin Muuri mengatakan, penetapan lokasi tersebut dilakukan berdasarkan indentifikasi ulang lokasi dan penilaian ulang lokasi dengan melakukan peninjauan ulang paling sedikit sebanyak satu dalam lima tahun.

"Masih ada 59,10 hektare kawasan kumuh yang ada di Kabupaten Cilacap yang belum ditangani," kata Pj Bupati Cilacap.

Pj Bupati Cilacapmengatakan, untuk melakukan peningkatan kualitas terhadap perumahan kumuh dan permukiman kumuh, pihaknya tengah menyusun Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) terkait hal tersebut.

BACA JUGA:Hari Keempat Pendaftaran, Baru 1.274 Berkas Pendaftar PTPS Masuk ke Bawaslu Cilacap

BACA JUGA:8 JPT Pratama di Lingkup Pemkab Cilacap Akhirnya Terisi

"Kita berupaya untuk mengatasi hal tersebut, sehingga Perda ini untuk memberikan kepastian hukum dan jaminan hak kepada setiap orang untuk bertempat tinggal dan berkehidupan yang layak," kata Pj Bupati Cilacap.

Disisi lain, kata Pj Bupati Cilacap, Perda tentang kawasan pemukiman dibentuk untuk mewujudkan hunian berimbang, penyediaan perumahan dan kawasan untuk masyarakat berpenghasilan rendah, serta menyediakan sarana prasarana lain yang memadai.

"Kita ingin masyarakat di Kabupaten Cilacap sejahtera. Melalui berbagai program serta kita membuka kesempatan masyarakat dan berbagai pihak untuk peran serta membangun Cilacap," ujar Pj Bupati Cilacap. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: