5 Manfaat Jambu Biji bagi Kesehatan, Bisa Kontrol Berat Badan Juga!

5 Manfaat Jambu Biji bagi Kesehatan, Bisa Kontrol Berat Badan Juga!

Manfaat Jambu Biji-freepik-

BACA JUGA:Cegah Kematian Akibat Diare, Seribu Lebih Balita Purbalingga Bakal Diimunisasi Vaksin Rotavirus

Dengan memastikan asupan serat dan cairan yang mencukupi, sistem pencernaan anak dapat beroperasi dengan lebih efisien, mengurangi risiko terjadinya masalah sembelit.

Tak hanya itu, serat pangan yang berasal dari sayuran dan buah-buahan, termasuk jambu biji, juga menyajikan efek prebiotik. Efek ini memberikan kontribusi positif dalam menjaga keseimbangan jumlah bakteri baik di dalam sistem pencernaan anak. 

Dengan demikian, konsumsi jambu biji tidak hanya memberikan manfaat langsung terhadap pencernaan, tetapi juga mendukung ekosistem bakteri sehat di dalam saluran pencernaan anak, dan menjaga kesehatan secara menyeluruh.

3. Menjaga Kesehatan Kulit

Merawat kesehatan kulit juga termasuk manfaat jambu biji yang dapat diperoleh. Kandungan antioksidan dan berbagai vitamin, seperti vitamin C dan vitamin E, yang terdapat dalam jambu biji memiliki manfaat untuk merawat kesehatan kulit anak. 

BACA JUGA:Ini Tips Memilih Tisu Basah Bayi yang Aman dan Berkualitas

BACA JUGA:Ini 5 Manfaat Labu Kuning untuk Kesehatan Bayi, Ibu Wajib Tahu!

Terutama antioksidan, selain dapat melawan efek radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh anak, juga dapat melindungi kulitnya dari kerusakan akibat paparan sinar matahari atau polusi.

4. Mengatur Kenaikan Berat Badan

Bagi anak-anak yang mengalami kelebihan berat badan atau obesitas, jambu biji dapat menjadi alternatif camilan yang sehat. Buah yang dikenal juga dengan nama guava ini kaya akan serat dan nutrisi, namun rendah kalori.

Peningkatan konsumsi serat juga dapat membuat anak merasa kenyang lebih lama, sehingga kontrol terhadap nafsu makannya dapat lebih baik. Dengan demikian, keinginan untuk mengonsumsi makanan tidak sehat dapat diminimalkan. Dengan rajin mengonsumsi buah-buahan, termasuk jambu biji, berat badan anak dapat lebih mudah diatur.

5. Pencegahan Hipertensi pada Anak

Tekanan darah tinggi atau hipertensi tidak hanya dialami oleh orang dewasa, tetapi juga anak-anak. Banyak faktor yang dapat meningkatkan risiko anak mengalami kondisi ini, mulai dari faktor keturunan, stres berlebih, obesitas, hingga pola makan yang tidak sehat.

BACA JUGA:Mengenal Jerawat Pada Bayi Beserta Penyebabnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: