Cuaca Ekstrem di Cilacap Berpeluang Terjadi Hingga Lima Hari Kedepan

Cuaca Ekstrem di Cilacap Berpeluang Terjadi Hingga Lima Hari Kedepan

Bencana hidrometeorologi di wilayah Kecamatan Cimanggu, Kabupaten Cilacap, Kamis (4/1/2024).-BPBD Cilacap Untuk Radarmas-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Wilayah CILACAP dan sekitarnya memasuki musim hujan. Potensi cuaca ekstrem juga diprediksi akan berlangsung hingga 10 Januari 2024. Masyarakat diminta untuk waspada terhadap dampak yang ditimbulkan.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Cilacap, Budi Setyawan mengatakan, akibat hujan deras pada Kamis (4/1/2024) kemarin menyebabkan bencana hidrometeorologi

"Dampaknya ada beberapa pohon tumbang dan atap rumah ambruk, genangan di Kecamatan Gandrungmangu dan Kawunganten. Serta longsor kecil di Kecamatan Cimanggu," kata dia. 

Dikatakan Budi, untuk antisipasi bencana tersebut, BPBD Cilacap telah menyiagakan personel di wilayah-wilayah rawan bencana hidrometeorologi. Selain itu, masyarakat di daerah rawan banjir dan longsor untuk waspada jika terjadi hujan dengan durasi lama. 

BACA JUGA:Progres Pembangunan Jalan Tol Bandung-Cilacap Masih Belum Jelas

BACA JUGA:8 JPT Pratama di Lingkup Pemkab Cilacap Akhirnya Terisi

Sementara itu, Kepala Kelompok Teknisi BMKG Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap, Teguh Wardoyo mengatakan, berdasarkan pengamatan curah hujan di wilayah Cilacap masuk katagori sangat lebat. 

"Berdasarkan pengamatan di Cipari pada tanggal 3 Januari katagori sangat lebat 114 mm per hari. 100-150 mm per hari itu masuk kategori hujan sangat lebat," ujarnya. 

Pihaknya mengimbau agar masyarakat selalu waspada, terhadap dampak dari cuaca ekstrem yang diprediksi bakal berlangsung hingga tanggal 10 Januari 2024 mendatang. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: