Dua Puskesmas di Banyumas yang Berdiri di Tanah Desa Akan Direlokasi Tahun Ini

Dua Puskesmas di Banyumas yang Berdiri di Tanah Desa Akan Direlokasi Tahun Ini

Relokasi tahun ini. Puskesmas Pekuncen I lama saat ini masih berdiri di atas tanah Desa Banjaranyar.-YUDHA IMAN PRIMADI/RADARMAS-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID  - Dinas Kesehatan Banyumas tahun ini merelokasi puskesmas yang masih berdiri di atas tanah desa seperti di Pekuncen I dan Kembaran I.

Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan (SDK) Dinas Kesehatan Banyumas, Dwi Muljanto, SKM, MSi mengatakan, untuk Puskesmas Pekuncen I direlokasi dengan anggaran sekitar Rp 6 miliar hingga Rp 7 miliar.

Menempati tanah Desa Banjaranyar, Puskesmas Pekuncen I direlokasi ke tanah Pemkab Banyumas tidak jauh dari Kantor Kecamatan Pekuncen.

"Gedung puskesmas lama diserahkan pemanfaatannya pada desa," katanya.

BACA JUGA:Tahun Ini, Rumah Singgah di Karanglewas Ditarget Beroperasi

BACA JUGA:Daop 5 Purwokerto Minta Maaf, Delapan Perjalanan Kereta Api Terganggu Kecelakaan Kereta Api di Cicalengka.

Dwi menjelaskan, relokasi puskesmas yang berdiri di atas tanah desa tahun ini juga direncanakan untuk Puskesmas Kembaran I.

Tidak jauh dari puskesmas lama saat ini, Puskesmas Kembaran I baru bakal dibangun di atas tanah Pemkab Banyumas. Diluar kedua puskesmas tersebut, rencana relokasi juga ada di wilayah Banyumas timur yaitu untuk Puskesmas Tambak II dan Kemranjen II.

"Semua puskesmas ditata. Target dua tahun selesai dengan melihat kemampuan keuangan daerah," terang dia.

Adapun untuk Puskesmas Wangon I, perluasan masih sulit dilakukan dengan mekanisme tukar guling balai desa dengan eks Kantor Kecamatan Wangon. Sampai saat ini belum ada titik temu antara desa dengan pemerintah daerah.

"Realisasinya sulit agar desa pindah ke eks Kantor Kecamatan Wangon dan puskesmas menempati Balai Desa Wangon yang persis disebelahnya," pungkas Dwi. (yda)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: