5 Tips Memulai Usaha Pertanian Hidroponik di Rumah yang Menguntungkan

5 Tips Memulai Usaha Pertanian Hidroponik di Rumah yang Menguntungkan

Tips-tips memulai usaha Pertanian Hidroponik-pinterest -

BACA JUGA:Inilah Tips Sebelum Menjalankan Usaha Franchise

 

Sebelum memulai menanam tanaman hidroponik. Anda harus memahami tentang dasar-dasar sistem hidroponik, seperti jenis media tanam, nutrisi yang dibutuhkan, dan cara menjaga kondisi lingkungan optimal. Berikut adalah beberapa dasar hidroponik yang perlu Anda ketahui:

- Media Tanam: Hidroponik tidak menggunakan tanah sebagai media tanam. Sebagai gantinya, tanaman ditanam dalam media seperti pasir, kerikil, serat kokos, atau rockwool.

- Larutan Nutrisi: Tanaman hidroponik tumbuh dalam larutan nutrisi yang mencakup unsur-unsur penting seperti nitrogen, fosfor, kalium, dan mikroelemen lainnya. 

- Sistem Hidroponik: Ada berbagai jenis sistem hidroponik, seperti sistem NFT (Nutrient Film Technique), sistem rakit apung, sistem wick, dan lainnya. 

BACA JUGA:7 Peluang Usaha Modal Rp10 Juta di Indonesia, Bisa Dijalankan Sendiri Tanpa Tim

BACA JUGA:6 Jenis Peluang Usaha Anak SMA, Bisa Sukses Sebelum Lulus

 

- pH dan EC (Konduktivitas Listrik): Pengukuran pH dan EC larutan nutrisi sangat penting. pH mengacu pada tingkat keasaman atau kebasaan larutan, sedangkan EC mengukur tingkat konsentrasi nutrisi

- Irigasi dan Drainase: Sistem hidroponik umumnya menggunakan metode irigasi tetes atau aliran untuk memberikan air dan nutrisi secara langsung ke akar tanaman.

2. Pilih Tanaman yang Cocok

Pemilihan tanaman yang sesuai untuk hidroponik dan memiliki permintaan pasar yang tinggi. Berikut adalah contoh tanaman hidroponik yang bisa Anda tanam:

BACA JUGA:8 Ide Usaha Menjanjikan dengan Modal KUR, Sangat Menarik Peluangnya Besar!

BACA JUGA:Peluang Usaha Tahun 2024, Bisa Dijalani Meski Modal Sedikit!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: