Musim Hujan, BPBD Cilacap Siaga Banjir dan Tanah Longsor

Musim Hujan, BPBD Cilacap Siaga Banjir dan Tanah Longsor

Ilustrasi bencana banjir di Maos tahun 2023.-RAYKA/RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID  - Hujan mulai mengguyur wilayah Kabupaten CILACAP. Sejumlah upaya dilakukan Pemerintah Kabupaten CILACAP melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) CILACAP untuk melakukan antisipasi.

Plt Kalak BPBD Kabupaten Cilacap Slamet Arif Praptomo mengatakan, pihaknya sudah melakukan antisipasi untuk mengatasi kerawanan bencana di wilayah Kabupaten Cilacap.

Salah satunya yakni koordinasi dengan pihak BBWS Serayu Opak untuk mengatasi sungai di wilayah timur yang merupakan wilayah rawan bencana banjir.

"Kita sudah koordinasi ada 124 desa dan kelurahan yang tersebar di 21 kecamatan Cilacap yang rawan banjir. BBWS juga sudah melakukan normalisasi disejumlah sungai," katanya.

BACA JUGA:KPU Cilacap Terima Surat Suara DPD, Presiden dan Wakil Presiden

BACA JUGA:Pemkab Cilacap Bakal Kembangkan Segara Anakan di 2024

Selain itu, upaya bersih-bersih saluran sungai di wilayah rawan banjir juga sudah dilakukan. Terlebih menurutnya, setiap musim hujan hampir terjadi bencana banjir dan tanah longsor di wilayah Kabupaten Cilacap.

"Kami juga sudah menyiagakan peralatan dan personil untuk antisipasi dan penanganan bencana banjir dan longsor," ujarnya.

Dia juga mengingatkan masyarakat agar waspada terhadap ancaman bencana angin kencang saat cuaca ekstrem ini. Selain itu, pohon-pohon yang sudah rapuh diminta untuk ditebang antisipasi bencana angin kencang maupun puting beliung. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: