Waspada Bencana Hidrometeorologi di Awal Tahun

Waspada Bencana Hidrometeorologi di Awal Tahun

Pengendara sepeda motor melintas saat hujan.-RAYKA/RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Masyarakat di wilayah CILACAP dan sekitarnya diminta untuk waspada adanya peningkatan potensi curah hujan pada awal tahun 2024 ini. 

Prakirawan Cuaca BMKG Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap Rendi Krisnawan mengatakan, berdasarkan prakiraan BMKG, selama periode Januari 2024 terdapat beberapa fenomena dinamika atmosfer yang dapat memicu peningkatan potensi hujan lebat.

"Potensi ini berpeluang di beberapa wilayah Indonesia terutama di periode awal hingga pertengahan Januari 2024," katanya.

Menurutnya, adanya aktivitas Monsun Asia Musim Dingin yang diasosiasikan dengan musim angin baratan dan diperkuat dengan adanya aktifitas Madden Jullian Oscillation (MJO) sehingga memicu hujan lebat.

"Kondisi ini dapat memicu potensi pertumbuhan awan hujan dengan kategori Sedang 50-70 persen," ujarnya.

BACA JUGA:Gabung Grup Neraka Dalam Babak Play Off Degradasi Liga 2, Ini Strategi PSCS Cilacap

BACA JUGA:Angka Kecelakaan Lalu Lintas di Cilacap Sepanjang Tahun 2023 Meningkat

Pihaknya mengimbau, agar masyarakat waspada dan menghindari lokasi yang berpotensi mengalami bencana hidrometeorologi, terutama pada saat dan setelah hujan.

"Pemerintah juga dimohon untuk meningkatkan koordinasi dan sinergi dengan BMKG setempat dan pihak-pihak terkait, sebagai upaya antisipasi dan mitigasi dampak hujan lebat atau cuaca ekstrem," katanya. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: