Penjelasan Ilmiah Meditasi Mindfulness, Jadi Kunci Sehat Fisik dan Jiwa

Penjelasan Ilmiah Meditasi Mindfulness, Jadi Kunci Sehat Fisik dan Jiwa

Meredakan Overthinking dengan Meditasi Mindfulness-Mens Journal-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Banyak sekali yang mempertanyakan penjelasan ilmiah meditasi mindfulness karena manfaatnya yang begitu besar.

Meditasi mindfulness, atau sering disebut sebagai meditasi kesadaran, telah menjadi fokus penelitian ilmiah yang semakin meningkat dalam bidang kesehatan mental dan kesejahteraan. 

Di balik praktek ini terdapat dasar ilmiah yang kuat yang menunjukkan manfaatnya terhadap kesehatan otak, stres, dan kualitas hidup.

Berikut informasi mengenai penjelasan ilmiah meditasi mindfulness yang telah Radarmas rangkum dari berbagai sumber;

BACA JUGA:Meredakan Overthinking dengan Meditasi Mindfulness

BACA JUGA:Atasi Stres dengan Meditasi Mindfulness, Menuju Hidup Sehat Tanpa Beban Pikiran!

Apa Itu Meditasi Mindfulness?


Meredakan Overthinking dengan Meditasi Mindfulness-Greator Good Science-

Meditasi mindfulness adalah suatu bentuk meditasi yang berasal dari tradisi Buddhisme, di mana praktisi memusatkan perhatian mereka pada pengalaman saat ini dengan kesadaran penuh. 

Tujuan utamanya adalah untuk mengembangkan keadaan perhatian yang terfokus, tanpa penilaian, terhadap pikiran, perasaan, dan sensasi yang muncul pada setiap momen.

Dasar Ilmiah Meditasi Mindfulness


  • Perubahan Struktur Otak

Sejumlah penelitian neuroimaging, seperti pemindaian MRI, telah menunjukkan bahwa meditasi mindfulness dapat menyebabkan perubahan struktural pada otak. 

Beberapa area otak yang berkaitan dengan regulasi emosi, konsentrasi, dan persepsi diri dilaporkan mengalami peningkatan volume, terutama di hipokampus (berkaitan dengan memori dan pembelajaran) dan korteks prefrontal (berkaitan dengan pengambilan keputusan dan pengendalian emosi).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: