Tambah 25 Homestay untuk Wisatawan Overland Banyumas

Tambah 25 Homestay untuk Wisatawan Overland Banyumas

Ilustrasi salah satu Pokja di Desa Wisata Kreatif Pekunden, Jum'at (22/12/2023). Pokdarwis persiapan untuk wisatawan overland. -AGUS SILO UNTUK RADARMAS-

BANYUMAS, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Pokdarwis Desa Wisata Pekunden Kecamatan Banyumas menambah sebanyak 25 rumah penduduk sebagai homestay. Persiapan merambah pariwasata overland.

Ketua 1 Pokdarwis Desa Wisata Kreatif Pekunden, Winarko menyampaikan homestay berada di Pokja Kembang Pari. Lokasi di Gerumbul Kedungkambang.

"Rumah warga yang untuk homestay tidak ada renovasi, kondisi biasa. Paling hanya dibersihkan," jelas Winarko, Jum'at (22/12/2023).

BACA JUGA:Wow, Harga Selembar Kain Sutera Attakas di Banyumas Capai Jutaan Rupiah

Selain itu, Pokdarwis melengkapi sarana dan prasaran pendukung homestay. Di tengah keterbatasan dana, kekurangan harus tetap dilengkapi.

Sarana prasarana pendukung misalnya papan nama homestay. Selain itu, papan sapta pesona dan lainnya.

"Untuk wisatawan overland ada area permainan alam, bal gupak yaitu bal-balan (bola) di belet (lumpur) sawah," kata Winarko.

BACA JUGA:Kantong Parkir Banyumas Kota Lama Disiapkan

Bal gupak merupakan permainan tempo dulu di Desa Pekunden. Wisatawan overland diajak rekreasi dan melepas penat kembali ke zaman lawas.

Bermain lumpur di sawah meski tampak sederhana. Pokdarwis menilai semua orang dari berbagai kalangan usia pasti senang.

Overland tour merupakan jenis perjalanan wisata lintas negara atau wilayah menggunakan kendaraan darat. Desa Wisata Kreatif Pekunden berpotensi sebagai tempat pemberhentian wisatawan overland. (fij)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: