Ini 5 Fakta Anak Pertama yang Mungkin Jarang Diketahui

Ini 5 Fakta Anak Pertama yang Mungkin Jarang Diketahui

Fakta Anak Pertama-Freepik-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Kenali tentang beberapa fakta anak pertama dalam artikel ini, yuk! Fakta-fakta terkait dengan anak sulung ini berkaitan dengan sifat dan karakteristik tertentu yang sering dianggap melekat pada mereka, seperti sifat mandiri dan kecenderungan untuk menyukai pengaturan.

Meskipun sampai saat ini, hubungan antara urutan kelahiran dan karakteristik seseorang masih perlu terus diinvestigasi, banyak psikolog meyakini bahwa urutan kelahiran dapat memengaruhi perkembangan psikologis, kepribadian, dan bahkan potensi seseorang, termasuk anak pertama.

Berikut beberapa fakta anak pertama yang mungkin belum banyak diketahui. 

1. Perfeksionis

Fakta anak pertama yaitu mereka cenderung perfeksionis. Berbeda dengan anak tengah atau anak bungsu, anak pertama memiliki contoh yang lebih terbatas, yaitu orang tua atau pengasuhnya. Hal ini menyebabkan anak pertama terbiasa melihat hal-hal yang tampak sempurna sejak kecil, seperti cara orang tuanya makan tanpa berantakan atau kemampuan menyetir dengan lancar.

Walaupun terlihat sepele, berbagai tindakan kesempurnaan tersebut secara tidak sadar dapat menjadi pola yang diadopsi oleh anak sulung. Dengan demikian, hal ini menjadikan anak pertama tumbuh menjadi individu yang ambisius dan perfeksionis.

BACA JUGA:Tipa Mendidik Karakter Anak Sejak Usia Dini

BACA JUGA:Inilah 5 Cara Mengatasi Anak Tantrum, Orang Tua Perlu Tahu

2. Terbiasa menjadi mandiri

Fakta anak pertama yang berikutnya yaitu mereka terbiasa menjadi pribadi yang mandiri. Setelah memiliki adik, anak pertama umumnya akan diberikan latihan dan tuntutan oleh orang tua untuk menjadi mandiri, bahkan pada usia yang masih sangat muda. Contohnya, anak pertama mungkin diharapkan dapat tidur sendiri, merapikan mainannya, atau bahkan pergi ke sekolah tanpa bantuan orang tua.

Karena telah mendapatkan pelatihan tersebut sejak usia dini, kecenderungan untuk mandiri pada anak pertama akan berlanjut hingga dewasa.

3. Bersikap pemimpin

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: