KAI Daop 5 Siagakan Ratusan Petugas Angkutan Natal dan Tahun Baru

KAI Daop 5 Siagakan Ratusan Petugas  Angkutan Natal dan Tahun Baru

Apel Gelar Pasukan angkutan natal dan tahun baru di halaman kantor Daop 5 Purwokerto, Kamis (21/12/2023).-AHMAD ERWIN/RADARMAS-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.CO.ID - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 5 PURWOKERTO melaksanakan Apel Gelar Pasukan Angkutan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru) di halaman kantor Daop 5 PURWOKERTO, Kamis (21/12/2023). 

Apel dipimpin Vice President (VP) Daop 5 Purwokerto, Dominicus Agung Wawan Purnawan. Dan menandai hari pertama dimulainya masa Posko Angkutan Nataru KAI khususnya di Daop 5 Purwokerto dalam rangka melayani masyarakat yang menggunakan moda angkutan kereta api.

Pada Angkutan Nataru ini, KAI Daop 5 Purwokerto menyediakan total 171.612 tempat duduu atau 9.534 tempat duduk setiap harinya baik untuk KA regular maupun KA tambahan mulai 21 Desember 2023 hingga 7 Januari 2024.

BACA JUGA:Gepeng Masih Marak di Purwokerto, Kasatpol PP : Kita Masih Selalu Kucing-Kucinganqqqq

"KAI berkomitmen untuk melayani angkutan Nataru dengan selamat,  aman, dan nyaman. KAI Daop 5 Purwokerto telah menyiapkan segala sumber daya untuk melayani pelanggan secara maksimal pada masa Nataru," kata VP Daop 5 Purwokerto.

Untuk SDM, seluruh petugas operasional seperti masinis dan asisten masinis dipastikan siap mematuhi SOP. Para petugas frontliner seperti kondektur, prama atau prami, dan customer service dipastikan melayani pelanggan dengan sepenuh hati. 

"KAI Daop 5 Purwokerto konsisten memberikan perhatian terhadap keselamatan, keamanan, dan kenyamanan terutama di high season seperti Angkutan Nataru," lanjutnya. 

 BACA JUGA:Kabupaten Cilacap Ditarget Jadi Sheen of Java di Tahun 2045

Untuk meningkatkan keselamatan perjalanan kereta api di masa Angkutan Nataru ini, KAI Daop 5 Purwokerto menyiapkan 44 petugas pemeriksa jalur ekstra, 13 petugas penjaga pintu perlintasan ekstra, dan 11 petugas daerah perhatian khusus, secara total terdapat 68 petugas ekstra disiagakan di sepanjang lintas Daop 5 Purwokerto.

Selain itu, KAI Daop 5 Purwokerto menyiapkan total 291 petugas pengamanan dari unsur internal dan eksternal perusahaan. Berupa 114 personel Polisi Khusus Kereta Api (Polsuska), 132 personel Security, 7 personel dari Bakham dan 38 personel Bakham Nataru. 

"Para petugas pengamanan tersebut akan melakukan pengamanan di atas KA, stasiun, serta melaksanakan patroli mobile sepanjang lintas jalur KA yang rawan tindakan kejahatan," jelasnya.

BACA JUGA:Kombes Pol Ruruh Wicaksono Resmi Jabat Kapolresta Cilacap

Di samping itu, KAI telah memastikan keandalan sarana dan prasarana, bersama Kementerian Perhubungan dengan melakukan Ramp Check atau pemeriksaan kelaikan dan kesiapoperasian sarana dan prasarana untuk memastikan kereta api dalam kondisi prima.

"Dari sisi fasilitas, KAI telah mempersiapkan dengan optimal mulai dari pelanggan memasuki area stasiun, di atas kereta, hingga keluar area stasiun tujuan. Kebersihan area stasiun, ruang tunggu penumpang, toilet, dan kereta terus dijaga untuk memberikan kenyamanan kepada para pelanggan. KAI Daop 5 Purwokerto juga menyiagakan Customer Service Mobile (CSM) sebanyak 150 personil yang tersebar di 33 stasiun," bebernya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: