ASEAN-Jepang Menyepakati Peningkatan Kerjasama Dalam Bidang Pendidikan, Riset, dan Ekonomi Digital

ASEAN-Jepang Menyepakati Peningkatan Kerjasama Dalam Bidang Pendidikan, Riset, dan Ekonomi Digital

ASEAN-Jepang Menyepakati Peningkatan Kerjasama Dalam Bidang Pendidikan, Riset, dan Ekonomi [email protected]

RADARBANYUMASDISWAY.ID-ASEAN bersama Jepang telah menyepakati sejumlah visi bersama dan rencana implementasi kemitraan ke depan seperti yang telah disampaikan oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Dari pada itu ASEAN-Jepan juga telah sepakat dalam hal kerjasama dalam khususnya bidang pendidikan, pengembangan, riset, dan ekonomi digital.

Dalam kesepakatan tersebut adalah bagian dalam hasil Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT Peerayaan 50 Tahun Hubungan Persahabatan bersama dengan Kerja Sama ASEAN-Jepang tepatnya pada hari minggu 17 Desember 2023 di Hotel  The Okura, Tokyo, Jepang.

"ASEAN-Jepang melalui kolaborasi yang inklusif harus terus berkomitmen menjaga perdamaian, penguatan sentralitas ASEAN sertaa penghormatan aturan hukum internasiomal." Hal ini diseubtkan oleh Presiden RI Joko Widodo dalam penyampaian keterangan pers bersama Perdana Menteri (PM) Jepang Fumio Kishida.

BACA JUGA:Dinas Pendidikan Beri Ruang Untuk Ibu-ibu Untuk Bergerak dan Berolahraga Aktif Lewat Lomba Line Dance

BACA JUGA:Pendidikan di Rumah Tak Kalah Penting dari Pendidikan di Sekolah

Presiden Jokowi juga turut menyampaikan bahwa para pemimpin ASEAN harus juga menyampaikan apresiasi dalam dukungan penuh Jepang untuk implementasi, Menyambut baik atas rencana KTT Mekanisme Trilateral antara Jepang, Republik Rakyat Tiongkok atau RRT dan Korea Selatan habit of dialogue serta pengutamaan ASEAN Outlook on the Indo-Pacific.

Selama 50 tahun ini kemitraan ASEAN-Jepang telah menumbuhkan kepercayaan dalam hal hubungan kemitraan ASEAN-Jepang. Diyakini oleh Presiden Jokowi bahwa kemitraan ASEAN dan Jepang akan terus menyalurkan kontribusi dalam menjaaga stabilitas dan perdamaian kawasan.

Presiden Jokowi menyampaikan dengan semangat persahabatan ia telah meyakini kemitraan ASEAN-Jepaang akan menggerakan pertumbuhan ekonomi di kawasan dan dunia, mendekaatkan masyarakat, Kemitraan ASEAN-Jepang daapat terus berkontribusi untuk menjaga stabilitas dan juga perdamaian.

Presiden Jokowi menuturkan hal ASEAN-Jepang dalam menyepakati peningkatan kerja sama dalam bidang pendidikan, pengembangan risert, dan ekonomi digital.

BACA JUGA:ASEAN PR Nobatkan BRI Sebagai ‘Best Government Public Relations in Indonesia’, Buah Kehumasan Yang Efektif

BACA JUGA:Pendidikan Etika untuk Sekolah Dasar di Indonesia, Sangat Penting Untuk Masa Depannya

Dari pada itu sebagai partnerr kerja sama dalam bidang ekonomi dan juga kemasyarakatan, ASEAN-Jepang akan segera melaksanakan penguatan kerja sama pada dua sektor prioritas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: