Pengadaan Tanah Untuk Embung Kaliurip Ditarget Tuntas Tahun Ini

Pengadaan Tanah Untuk Embung Kaliurip Ditarget Tuntas Tahun Ini

Sub Koordinator Pembangunan Sumber Daya Air (SDA) DPU Banyumas Kabul Raharjo memberikan sambutan saat pembuatan buku rekening ganti untung, beberapa waktu lalu.-AAM/RADARMAS-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID  - Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Banyumas, mentargetkan di akhir tahun ini pengadaan tanah untuk pembangunan Embung Kaliurip, Kecamatan Purwojati bisa tuntas. Sampai dengan saat ini sudah membebaskan 82 bidang, dari total 87 bidang. 

"Tahun ini sudah kita bebaskan 82 bidang aeluas 5,2  hektar dengan total yang dibebaskan 5,5 hektar tinggal 0,3 hektar akan kita usahakan sampai akhir tahun ini," kata Kepala DPU Banyumas Kresnawan Wahyu Kristoyo melalui Sub Koordinator Pembangunan Sumber Daya Air (SDA) DPU Banyumas Kabul Raharjo.

Ia menuturkan, untuk pengadaan tanah Embung Kaliurip dialokasikan Rp 6,8 miliar. Proses pengadaan tanah sendiri ia katakan, sudah berlangsung dari tahun 2021 lalu. 

BACA JUGA:BPJS Ketenagakerjaan Cilacap Sosialisasi Aktivasi Pasar Kerja Keras Bebas Cemas Bersama Radio di Pasar Adipala

"Ini sudah memasuki tahun ketiga, kita targetkan bisa rampung di tahun ini," jelasnya. 

Lanjut, setelah pengadaan tanah selesai pihaknya berharap pembangunan embung bisa segera dilaksanakan. 

"Tahun depan kita berharap mulai pembangunan fisik," tuturnya. 

BACA JUGA:Dukung Sport Tourism, Kilang Pertamina Cilacap Gelar Lomba Balap Sepeda Nasional 2023 Akhir Pekan Ini

Lebih jauh, Pemkab Banyumas merencanakan membangun 36 embung dalam kurun waktu 20 tahun. Tujuannya adalah sebagai upaya konservasi sumber daya air. 

"Di Desa Kaliurip, pertanian itu lahan kering. Salah satu sumber pengairan itu tadah hujan," pungkasnya. (aam)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: