Pentingnya Sex Education untuk Anak

Pentingnya Sex Education untuk Anak

Pendidikan seksual penting untuk diajarkan kepada anak sejak usia belia.-Fahma Ardiana-

Dijaman sekarang banyak anak remaja yang melakukan aktivitas seksual sebelum menikah. Mayoritas dari mereka melakukan hal ini hanya untuk coba-coba karena penasaran atau juga terpengaruh terhadap lingkungan yang tidak sehat. 

Bila anak telah mendapatkan sex education sejak dini, maka diharapkan anak dapat menghindari aktivitas seksual sebelum menikah.

BACA JUGA:Tips Dasar co-Parenting Bagi Orang Tua yang Bercerai

BACA JUGA:Tips Agar Kakak dan Adik Selalu Akur

3. Agar anak tidak terkejut saat masuk usia pubertas

Banyak perubahan yang terjadi pada fisik anak saat mereka mulai memasuki usia pubertas. Hal ini tak jarang membuat mereka terkejut. 

Pada anak perempuan akan mengalami menstruasi pertama kali dan pada anak laki-laki akan mengalami mimpi basah untuk pertama kali. Agar anak dapat menerima perubahan ini dengan mudah, maka orang tua perlu untuk memberikan sex education sejak dini.

4. Menyadarkan anak tentang menjaga organ reproduksi

Anak perlu tahu tentang pentingnya menjaga organ kelamin mereka agar jangan sampai disentuh oleh orang lain. Anak juga perlu tahu mengenai pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan organ reproduksi mereka. 

Semakin anak bertambah usia, semakin mereka perlu membersihkan organ intimnya sendiri. 

5. Mencegah kehamilan di usia dini

Angka kehamilan usia dini kini semakin meningkat disebabkan oleh pergaulan bebas pada remaja. Terkadang, para remaja melakukan hubungan intim sebelum menikah tanpa paham akan konsekuensi dari perbuatan tersebut, yaitu kehamilan. 

Itulah beberapa alasan mengapa anak perlu mendapatkan sex education sejak dini. Sebagai orangtua, kita bisa memberikan sex education secara bertahap dengan cara yang tepat. (fah)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: