Pentingnya Sex Education untuk Anak

Pentingnya Sex Education untuk Anak

Pendidikan seksual penting untuk diajarkan kepada anak sejak usia belia.-Fahma Ardiana-

RADARBANYUMAS.DISWAY.IDSex education sangatlah penting untuk diberitahukan kepada anak sejak usia belia. Alasan mengapa Sex education penting untuk anak yaitu untuk memenuhi rasa ingin tahu mereka, mencegah mereka melakukan aktivitas seksual yang tidak benar, supaya anak tidak terkejut saat memasuki usia pubertas nanti, menyadarkan anak tentang pentingnya menjaga organ reproduksi, dan mencegah terjadinya kehamilan usia dini.

Di Indonesia, pengetahuan tentang sex masih dianggap sebagai suatu hal yang tabu untuk diberikan kepada anak-anak. Orangtua dan orang yang lebih dewasa mungkin merasa risih saat anak-anak menanyakan hal yang berkaitan dengan sex dan memilih untuk mengalihkan pembicaraan.

Padahal sex education sangat penting untuk diajarkan sejak dini kepada anak. Baik anak laki-laki maupun perempuan harus mendapatkan sex education dimulai dari keluarga lebih dulu.

Hal ini diperlukan agar anak tau bagaimana perilaku seksual yang sehat dan mencegah terjadinya pelecehan seksual. Jangan sampai anak terlanjur mendapatkan informasi yang kurang tepat seputar sex dari sumber yang tidak valid seperti teman sebaya atau internet.

BACA JUGA:Tips agar Anak Tidak Mengalami Speech Delay alias Terlambat Bicara

BACA JUGA:Tips Mengurangi Screen Time Pada Anak

Anak juga perlu tahu bahwa sebagai orangtua, kita bisa diajak berdiskusi seputar topik sex education. Ketika anak sudah diberikan sex education sejak dini, nantinya saat menginjak usia remaja ia tidak merasa canggung dan lebih bertanggung jawab terhadap dirinya sendiri.

Saat masih usia 3 atau 4 tahun, anak akan mulai memperhatikan dunia di sekitarnya dan sudah mulai belajar untuk mengenali tubuhnya sendiri bahkan membandingkan diri dengan teman-temannya. Anak mungkin akan mulai menyadari adanya perbedaan pada fisik perempuan dan laki-laki. 

Saat anak sudah mulai eksplor tentang lingkungannya, ini merupakan kesempatan bagi orangtua untuk memberikan pemahaman dasar mengenai seksualitas. Ada beberapa alasan mengapa penting untuk memberikan sex education untuk anak :

BACA JUGA:Tips Public Speaking Untuk Kaum Introvert

BACA JUGA:Tips Memilih Jurusan Kuliah yang Sesuai Dengan Passion Kamu

1. Memenuhi rasa ingin tahu anak 

Setiap anak pasti mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi, apalagi saat mereka mulai memasuki usia remaja. Peran sex education sangat penting untuk menghilangkan rasa penasaran pada anak. Sex education juga akan menjadi bekal bagi anak untuk menyaring berbagai informasi seks yang simpang-siur di luar sana.

2. Mencegah anak agar tidak melakukan aktivitas seksual yang tidak benar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: