Pertamina Temukan Jutaan Barel Cadangan Minyak Di Daerah Tambun Bekasi

Pertamina Temukan Jutaan Barel Cadangan Minyak Di Daerah Tambun Bekasi

Setelah melakukan eksplorasi, Pertamina berhasil menemukan jutaan barel cadangan minyak di Bekasi-Instagram: @pertamina -

Adapun penemuan kedua sumur tersebut yakni berada di East Akasia Cinta (EAC)-001 di wilayah kerja PEP Jatibarang Field, Kabupaten Indramayu.

Sedangkan sumur bor yang kedua berada di Sumur East Pondok Aren (EPN)-001 di wilayah kerja PEP Tambun Fild, Kabupaten Bekasi. 

BACA JUGA:Sediakan Integrated Banking Solution Pengelolaan SPBU, BRI Timor-Leste Sinergi dengan Pertamina International

BACA JUGA:El Nino Alert di Kilang Pertamina Internasional Cilacap Raih 2 Penghargaan KPI Group Awards 2023

Melalui Uji Alir Produksi (Drill Stem Test/DST) sumur EAC-001 diperoleh hasil laju alir minyak sebesar 30 BOPD, gas mencapai 2.08 MMSCFD dan kondensat setara 15,05 BCPD di temuan tambang minyak ini.

Sumur EAC-001 dieksplor pada 4 September 2023 dengan objektif utama di Reservoir Batupasir konglomeratik Formasi Jatibarang dan Reservoir batugamping Formasi Upper Cibulakan yang merupakan proven play atau konsep yang menghasilkan hidrokarbon di Lapangan Jatibarang dan Akasia Prima, Sub-Cekungan Jatibarang dan pengeboran ini mencapai kedalaman akhir di sekitar 2520 mMD.

Rig dinyatakan release dari Sumur EAC-001 pada tanggal 28 November 2023 dengan total realisasi hari operasi sebanyak 85 hari serta keberhasilan secara operasional ini juga berkat penerapan Budaya HSSE yang tinggi dengan capaian sekitar 155.016 jam kerja selamat.

Bekasi, yang sebelumnya dikenal sebagai pusat industri dan perkotaan, kini dapat menjadi pusat perhatian dunia sebagai penyumbang signifikan dalam industri energi. 

BACA JUGA:Mantap, 24 Atlet Bapor Silat Kilang Pertamina RU IV Cilacap Borong Medali di Kejurnas Kemenpora RI 2023

BACA JUGA:Kolaborasi Lintas Stakeholder, Wujud Kesiapan Kilang Pertamina Cilacap Hadapi El Nino Alert

Dampak ekonomi dari penemuan ini diharapkan akan melibatkan pertumbuhan ekonomi yang pesat, penciptaan lapangan kerja baru, dan peningkatan pendapatan daerah. 

Selain itu, sektor industri minyak dan gas dapat mengalami perkembangan yang substansial, dengan peluang investasi yang menarik. (dda)

Artikel ini telah tayang di disway.id dengan judul Puluhan Juta Barel Cadangan Minyak Ditemukan di Bekasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: