El Nino Alert di Kilang Pertamina Internasional Cilacap Raih 2 Penghargaan KPI Group Awards 2023

El Nino Alert di Kilang Pertamina Internasional Cilacap Raih 2 Penghargaan KPI Group Awards 2023

Section Head Emergency & Insurance PT KPI RU IV, Sjahru Sjakbani saat menerima penghargaan di Jakarta, Sabtu (18/11/2023).-PT KPI RU IV Cilacap Untuk Radarmas-

CILACAP,RADARBANYUMAS.DISWAY.ID  – Kesiapsiagaan PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV CILACAP dalam menghadapi ancaman El Nino berbuah penghargaan. Pada ajang KPI Group Awards 2023, Kilang CILACAP meraih penghargaan El Nino Alert, kategori juara 2 Best of The Best El Nino Awards dan juara 2 Video Compeitiion El Nino.

Penghargaan diterima oleh Section Head Emergency & Insurance PT KPI RU IV, Sjahru Sjakbani pada kegiatan Family Day sebagai puncak HUT ke-6 PT KPI di Jakarta, Sabtu 18 November 2023.

Sjahru Sjakbani mengapresiasi kolaborasi seluruh elemen, baik internal pekerja maupun eksternal stakeholder dalam kampanye penanggulangan ancaman El Nino, khususnya di Kabupaten Cilacap. 

"Penghargaan ini sebagai bukti kolaborasi dan sinergi yang sangat baik Kilang Cilacap dengan seluruh pihak terkait. Kita bersyukur berbagai upaya yang dilakukan mampu menekan dampak El Nino," katanya.

BACA JUGA:Kilang Pertamina Internasional Cilacap Raih Dua Penghargaan TJSL KPI Group Awards 2023

BACA JUGA:Kolaborasi Pertamina dan Kilang Cilacap Wujudkan Sekolah Energi Berdikari di SMA Negeri 3 Cilacap

Sjahru merinci, berbagai program El Nino Alert di Kilang Cilacap antara lain Grand Safety Talk El Nino Alert sebagai strategi kewaspadaan dampak El Nino dan upaya penanggulangannya. 

"Kami melibatkan Pemkab Cilacap melalui Dinas Lingkungan Hidup, BMKG, UPT Pemadam Kebakaran, Basarnas, serta masyarakat terdekat wilayah operasional," ujarnya.

Dalam kegiatan ini pihaknya juga menggelar Fun Water Relay Competition, lomba estafet air dalam jeriken melewati sejumlah rintangan diikuti seluruh peserta dari internal maupun eksternal. 

"Lomba ini menguji ketangkasan dan kesiapsiagaan penanggulangan kebakaran, khususnya di lokasi aksesnya sulit karena berbagai rintangan yang ditemui. Di lomba ini menuntut kekompakan dan kerja sama tim yang solid," kata Sjahru.

Kegiatan lainnya, Water Saving Competiton untuk menanamkan perilaku hemat menggunakan air dan Fire Prevention Video Competition untuk menumbuhkan kesadaran berperilaku aman di area kilang bagi para pekerja.

"Selama musim kemarau lalu, kami juga melakukan penyiraman lingkungan di area tangki maupun di luar, untuk mencegah dan meminimalisir potensi kebakaran." Imbuhnya.

Ditambahkan Sjahru, El Nino Alert penting untuk menunjang bekerja aman demi mendukung produktifitas perusahaan sebagai kilang terbesar dan paling strategis di Indonesia. 

"Kilang Cilacap menopang 34 persen kebutuhan BBM Nasional dan 60 persen BBM di Pulau Jawa. Maka performa perusahaan harus selalu terbaik dalam kondisi apapun," tutup Sjahru. (*/ads)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: