Menggali 9 Buah Berwarna Kuning dan Manfaatnya yang Luar Biasa untuk Kesehatan!

Menggali 9 Buah Berwarna Kuning dan Manfaatnya yang Luar Biasa untuk Kesehatan!

Manfaat Buah Berwarna Kuning-Freepik-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Tampilan yang cerah membuat buah berwarna kuning sering kali dianggap sebagai elemen "pemanis" dalam hidangan. Selain memancarkan keindahan visual, buah-buahan kuning ini juga kaya akan nutrisi, memberikan sejumlah manfaat untuk kesehatan tubuh.

Sama seperti sayuran, konsumsi buah-buahan juga perlu diperhatikan setiap harinya. Karena buah memiliki tingkat kalori dan gula yang tinggi, mereka dapat memberikan tambahan energi yang penting untuk tubuh. Beberapa jenis buah bahkan mengandung serat lebih banyak daripada sayuran, yang bermanfaat untuk kesehatan saluran pencernaan.

Salah satu jenis buah yang sangat disarankan untuk dimasukkan ke dalam menu harian adalah buah berwarna kuning. Warna yang menyegarkan ini berasal dari karotenoid, senyawa antioksidan yang memberikan pigmen kuning, jingga, dan merah cerah pada buah serta sayuran.

9 Daftar Buah Berwarna Kuning dan Manfaatnya

Karoten dan xantofil adalah jenis karotenoid yang paling banyak terdapat pada buah berwarna kuning. Kandungan antioksidan dalam buah ini sangat bermanfaat karena dapat melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit kronis.

BACA JUGA:Manfaat Buah Tin Sebagai Buah Ajaib yang Kaya Nutrisi

BACA JUGA:Manfaat Buah Pepaya untuk Kesehatan Tubuh

Manfaatnya tidak berhenti di situ, karena tubuh juga mampu mengubah karotenoid menjadi vitamin A melalui konsumsi buah berwarna kuning. Vitamin A dikenal dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan menjaga kesehatan mata

Oleh karena itu, disarankan untuk mengonsumsi setidaknya satu jenis buah berwarna kuning setiap hari. Berikut adalah beberapa contoh buah berwarna kuning beserta manfaatnya:

1. Nanas

Nanas mengandung berbagai nutrisi penting, termasuk vitamin B, vitamin C, karotenoid, mangan, dan kalium. Kekayaan nutrisi dalam nanas membuatnya bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh, mencegah risiko kanker, bahkan mendukung pembentukan sel darah merah.

Buah berwarna kuning yang sering digunakan sebagai isian kue kering ini juga mengandung bromelain, suatu enzim yang berperan dalam proses penyembuhan luka dan memiliki efek pereda nyeri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: