65 Personil SAR Mulai Disiagakan untuk Pengamanan Nataru di Cilacap

65 Personil SAR Mulai Disiagakan untuk Pengamanan Nataru di Cilacap

Kepala Basarnas Cilacap melepas personil untuk siaga Nataru.-Basarnas untuk Radarmas-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Potensi bencana di Kabupaten CILACAP tinggi. Termasuk ancaman pada bulan Desember 2023 ini. Sejumlah langkah pengaman juga dilakukan saat perayaan Natal dan tahun baru (Nataru) 2024.

Seperti yang dilakukan oleh Basarnas Kantor SAR Cilacap. Mulai tanggal 18 Desember 2023 hingga 8 Januari 2024, sejumlah personil SAR telah disiagakan untuk pengamanan Nataru 2024. 

Kepala Basarnas Kantor SAR Cilacap, Adah Sudarsa mengatakan, selain disiagakan untuk mengamankan Nataru. Belakangan ini bencana hidrometeorologi maupun ancaman kecelakaan di laut masih mengancam sejumlah di wilayah Barlingmascakep.

"Kami siagakan 65 personil di Kantor SAR Cilacap, Unit Siaga SAR Banyumas, dan Posko Kebumen," kata Adah usai memimpin apel Siaga SAR Khusus, Senin (18/12/2023).

BACA JUGA:Pasar Baru Kroya Akan Jadi Pasar SNI Pertama di Cilacap

BACA JUGA:Ada Potensi Gelombang Tinggi di Perairan Selatan Cilacap, Wisatawan Diminta Waspada

Adah mengatakan, pihaknya telah melakukan pengecekan kesiapsiagaan personil dan juga peralatan yang dimiliki Basarnas dalam menghadapi Nataru.

Sejumlah alat utama (alut) SAR telah disiapkan, seperti rigid inflatable boat, rescue truck, rescue carrier, rescue car, truck personil, peralatan medis, dan sejumlah peralatan SAR lainnya untuk membackup di perairan Cilacap dan Kebumen. 

"Kami juga akan mobile untuk mengecek di wilayah-wilayah keramaian, jalan raya, tempat wisata maupun jika terjadi kecelakaan," katanya. 

Adah menambahkan, pihaknya berupaya meningkatkan kesiapsiagaan SAR dari tahun ke tahun. Baik koordinasi, kesiapan personil, serta peralatan dan keterampilan untuk meningkatkan kecepatan response time dan waktu tempuh jika terjadi kecelakaan dan bencana serta kondisi membahayakan manusia. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: