Pasar Baru Kroya Akan Jadi Pasar SNI Pertama di Cilacap

Pasar Baru Kroya Akan Jadi Pasar SNI Pertama di Cilacap

Proses pembongkaran Pasar Baru Kroya. -Bahtiar untuk Radarmas-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Proses pembangunan Pasar Baru Kroya sedang berjalan. Rencananya Pasar Baru Kroya akan diterapkan sebagai Pasar Standar Nasional Indonesia (SNI). 

Kepala Bidang (Kabid) Pasar Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM (DPKUKM) Cilacap, Muhajir mengatakan, saat ini Pasar Baru Kroya telah dilaksanakan pekerjaan pembersihan mulai tanggal 14 Desember 2023 hingga 13 Januari 2024.

"Bangunan tersebut melalui proses penjualan langsung. PT Kikisik Jaya Abadi menangkan nilai tertinggi dari tujuh penawar, sebesar Rp 1,1 miliar. Hari ini sudah dibayarkan langsung ke Pemda secara cash," kata dia. 

Muhajir mengatakan, proses pembongkaran bangunan tersebut merupakan salah satu syarat untuk memenuhi 18 syarat dari Kementerian PUPR sebelum dibangun ulang. 

"Untuk AMDAL (analisis dampak lingkungan) sudah melalui penilaian dari tenaga ahli, sudah dilakukan penilaian untuk revisi," katanya.

Menurutnya, proses pembangunan akan dilaksanakan oleh Kementerian PUPR melalui proses lelang. Sedangkan Pemerintah Kabupaten Cilacap hanya akan menerima bangunannya saja. 

"Untuk pelaksanaan lelang kemungkinan akhir Desember 2023 atau Januari 2024. Untuk anggaran, kemarin masih direvisi, kita mengusulkan Rp 82 miliar tapi dari kementerian bisa lebih, karena DED masih revisi juga," jelas Muhajir. 

Muhajir mengatakan, Pasar Baru Kroya nantinya akan dibangun tiga lantai dengan sejumlah fasilitas seperti travelator dan lainnya. 

"Untuk luasan kios mungkin akan berubah, tapi prinsipnya untuk menampung pedagang lama, tidak ada pedagang baru," kata Muhajir. 

Pihaknya berharap, pembangunan pasar akan berjalan lancar sesuai dengan rencana. "Kalau lelang berjalan lancar, kemungkinan 2025 bisa ditempati. Pasar ini akan menjadi Pasar SNI di Kabupaten Cilacap bahkan di Barlingmascakep belum ada juga," ujar Muhajir. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: