5 Cara Mengatasi Mulut Pahit Karena Asam Lambung

5 Cara Mengatasi Mulut Pahit Karena Asam Lambung

Mengatasi mulut pahit-Freepik-

Mulut pahit karena asam lambung dapat diatasi dengan mengunyah permen karet tanpa gula. Dengan mengunyah permen karet tanpa gula, produksi air liur akan meningkat, membantu membersihkan sisa-sisa cairan asam lambung yang naik ke mulut, dan mengatasi rasa pahit yang muncul.

Mengonsumsi buah pisang

Selain mengunyah permen karet, pilihan lain untuk mengatasi mulut pahit akibat asam lambung adalah dengan mengonsumsi buah pisang. Kandungan pH yang tinggi dalam pisang berfungsi sebagai zat basa yang dapat menetralkan asam lambung. Sehingga, rasa pahit di mulut akibat asam lambung dapat berkurang.

BACA JUGA:Alasan Mengapa Buah Pisang Jadi Buah Favorit Banyak Orang

BACA JUGA:Cara Membuat Pupuk Organik Cair dari Pisang Busuk, Efektif Meningkatkan Pertumbuhan Tanaman

Selain tingginya pH, vitamin B yang terdapat dalam pisang juga bermanfaat untuk mengurangi rasa pahit di mulut. Ini dikarenakan kekurangan vitamin B dalam tubuh dapat mengganggu fungsi saraf, termasuk saraf yang berperan dalam pengecap rasa. Dengan manfaat ganda ini, mengonsumsi pisang dapat menjadi salah satu cara efektif untuk mengatasi mulut pahit karena asam lambung.

Menggunakan obat asam lambung

Apabila langkah-langkah sebelumnya tidak mengurangi keluhan yang Anda alami, mencoba obat asam lambung seperti antasida dan penghambat pompa proton dapat menjadi solusi untuk mengatasi mulut pahit karena asam lambung. Konsumsi obat asam lambung ini dapat mengurangi produksi asam lambung, sehingga keluhan mulut pahit yang disebabkan oleh asam lambung dapat teratasi.

Selain berberapa cara yang sudah dijelaskan di atas, Anda dapat mengatasi mulut pahit karena asam lambung dengan menghindari makanan dan minuman yang memicu naiknya asam lambung, seperti makanan pedas, asam, dan berminyak. 

Anda juga perlu menerapkan gaya hidup sehat untuk mencegah naiknya asam lambung, seperti tidak mengonsumsi minuman beralkohol, berhenti merokok, membatasi minuman berkafein, serta mengelola stres.

Namun, jika Anda sudah melakukan beberapa cara mengatasi mulut pahit karena asam lambung di atas tetapi keluhan masih terasa mengganggu, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter. Konsultasi juga tidak boleh ditunda bila rasa pahit di mulut sampai membuat Anda kesulitan untuk makan. (amp/*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: