Penggantian Jembatan Kali Pelus Perlu Rp 25 Miliar, Pemkab Bakal Koordinasi Dengan Pusat

Penggantian Jembatan Kali Pelus Perlu Rp 25 Miliar, Pemkab Bakal Koordinasi Dengan Pusat

PJ Bupati Banyumas (tengah berpeci) meninjau jembatan Sungai Pelus jl Senopati, Arcawinangun, Purwokerto (12/12/2023).-DIMAS PRABOWO/RADARMAS-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID  - Pj Bupati Banyumas Hanung Cahyo Saputro, bakal melakukan koordinasi dengan pemerintah pusat terkait rencana pemggantian Jembatan Kali Pelus. Penggantian jembatan tersebut membutuhkan dana sekitar Rp 25 miliar termasuk dengan pelebaran jembatan. 

"DED sudah dibuat untuk diusulkan ke pusat. Kalau diperlebar sekitar 25 miliar, saya lihat macet karena bottle neck jadi harus dilebarkan sesuai dengan volume lalu lintas," kata dia saat meninjau kondisi Jembatan Kali Pelus, Selasa (12/12). 

Ia menuturkan, melihat kebutuhan anggaran tidak memungkinkan jika menggunakan anggaran APBD. Untuk itu, ia secepatnya akan berkoordinasi dengan pemerintah pusat. 

BACA JUGA:Trase Jembatan Baru Pancasan Karangbawang Dinilai Terlalu Menikung

"Kita akan mintakan ke pemerintah pusat. Saya ingin dorong langsung ke PUPR, itu prioritas yang harus segera ditangani," paparnya. 

Terkait kondisi Jembatan Kali Pelus ia sebut, sempat mengalami kondisi gerusan disebabkan oleh intensitas hujan yang ekstrem. Soal itu, sudah dilakukan penanganan darurat. 

"Kita akan datangkan kubus beton, untuk memperkuat kalau tidak tergerus. Satu kubus beratnya 2,4 ton lebarnya satu meter itu tindakan kita darurat. Kita harap dalam waktu seminggu selesai," ucapnya. 

BACA JUGA:Program Kancing Merah Dianggap Langgar Pelaksanaan Pemilu, Bawaslu Cilacap : Sudah Ada Payung Hukumnya

Ia menyampaikan permintaan maaf selama penanganan darurat tersebut jembatan akan ditutup sementara dari jam 21.00 - 04.00 mulai hari ini sampai tanggal 20 Desember. 

"Tapi ini, yang terpenting aman dulu," terangnya. 

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Banyumas Kresnawan Wahyu Kristoyo menuturkan, kondisi Jembatan Kali Pelus yang bottle neck perlu dilakukan pelebaran. Terlebih jembatan tersebut menjadi salah satu akses utama yang digunakan oleh masyarakat. 

BACA JUGA:Lansia Asal Desa Kedawung, Cilacap Luka Berat Akibat Tertabrak Kereta Api Begawan

"Nanti akan kita per lebar lima sampai enam meter," pungkasnya. (aam)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: