Rute ke Pasar Hewan Ajibarang Diusulkan Ada Rekayasa Lalulintas

Rute ke Pasar Hewan Ajibarang Diusulkan Ada Rekayasa Lalulintas

Kendaraan angkutan dengan rute ke pasar hewan Ajibarang dari arah Kantor Kecamatan Ajibarang maupun Pekuncen diusulkan ada rekayasa lalu lintas guna mengatasi kemacetan.-YUDHA IMAN PRIMADI/RADARMAS-

BANYUMAS, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Dalam konsultasi publik kedua penyusunan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) Kawasan Perkotaan Ajibarang pekan ini, diusulkan adanya rekayasa lalu lintas untuk rute menuju ke pasar hewan Ajibarang untuk mengatasi kemacetan.

Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Ajibarang Wetan, Sukamto meminta solusi atas kemacetan lalu lintas di Ajibarang diantaranya karena imbas aktivitas pasar hewan setiap hari Rabu dan hari pasaran Pon yang dikeluhkan berpuluh-puluh tahun lamanya.

Dia mengusulkan kepada Pemkab Banyumas melalui dinas teknis agar menerapkan rekayasa lalu lintas untuk rute menuju atau keluar dari pasar hewan.

"Kendaraan yang ke pasar hewan dari arah Kantor Kecamatan Ajibarang bisa satu arah lurus ke simpang empat pasar hewan dan keluarnya melalui pertigaan Pom Bensin Ajibarang. Kalau tidak sebaliknya masuk ke pasar hewan melalui pertigaan Pom Bensin Ajibarang. Khusus di hari Rabu dan hari pasaran Pon," katanya.

BACA JUGA:Pemeriksaan Kesehatan Calon KPPS di Ajibarang Ditarget 130 Orang Perhari

BACA JUGA:Kepastian Batas Cilacap dan Banyumas Fix

Sering disampaikan dalam berbagai pertemuan, di wilayah Desa Ajibarang Wetan yang berbatasan dengan Desa Pandansari persoalan kemacetan arus lintas juga kerap muncul.

Sebagai komplek pendidikan banyak berdiri sekolah mulai dari SMP sampai SMK sehingga pada jam-jam sibuk seperti pagi hari dan saat pulang sekolah arus lalu lintas menjadi sangat padat.

"Pada jam sibuk dari pagi sampai siang kendaraan dari arah selatan biasanya juga menumpuk disitu. Mungkin bisa diterapkan rekayasa lalu lintas atau bagaimana," saran dia.

Senada dengan usulan BPD Ajibarang Wetan, anggota BPD Ajibarang Kulon, Rusmadi menyampaikan jalan di sebelah barat Pasar Ajibarang atau pasar hewan saat hari Rabu dan hari pasaran Pon terjadi kemacetan.

Kondisi tersebut diperparah dengan kondisi arus lalu lintas yang menuju ke arah Desa Kracak yang saat ini juga sangat ramai. Dia meminta kepada Pemkab Banyumas untuk parkir di sebelah barat barat Laris Mini Market sampai ke sebelah timur Koperasi Unit Desa (KUD) yang penuh sekali dengan kendaraan, khususnya angkutan dapat segera ditertibkan. 

"Parkiran yang penuh tersebut menghambat pengendara kendaraan yang hendak ke arah barat. Tidak terkecuali parkir di sebelah timur lampu merah simpang pasar hewan. Hari Rabu dan hari pasaran Pon juga penuh sampai ke badan jalan," pungkasnya. (yda)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: