Inilah 5 Cara Mengatasi Anak Tantrum, Orang Tua Perlu Tahu

Inilah 5 Cara Mengatasi Anak Tantrum, Orang Tua Perlu Tahu

Inilah 5 Cara Mengatasi Anak Tantrum, Orang Tua Wajib Tahu!-Freepik-

Kadang-kadang, anak yang sedang tantrum hanya perlu menyalurkan emosinya. Oleh karena itu, ijinkan anak untuk mengeluarkan rasa marahnya saat sedang tantrum, selama tindakan tersebut tidak membahayakan dirinya.

BACA JUGA:Apa Saja Cara dan Trik Mengatasi Anak yang Susah Makan? Simak Penjelasan Berikut

BACA JUGA:Fakta Unik Anak yang Lahir di Bulan Desember 

Cara mengatasi tantrum yang ketiga ini diyakini dapat membantu anak-anak belajar untuk mengekspresikan kemarahan mereka dengan cara yang tidak merugikan. Seiring berjalannya waktu, diharapkan anak dapat mengembangkan kemampuan untuk mengendalikan emosi mereka tanpa perlu terlibat dalam konfrontasi verbal yang intens dengan orang tua.

4. Orang Tua Harus Menahan Diri dari Teriakan

Orang tua perlu menyadari bahwa perilaku anak seringkali mencerminkan pengaruh orang tua. Jika orang tua berteriak saat anak tantrum, kemungkinan besar anak juga akan ikut berteriak untuk menyamai intensitas suara orang tua. 

Hal ini dilakukan anak untuk merasa terlibat dalam komunikasi yang setara dengan orang tua. Untuk mengatasi anak tantrum, orang tua perlu untuk menahan diri dari berteriak agar tidak memperburuk situasi dan memberikan contoh perilaku yang lebih tenang kepada anak.

5. Bimbing Anak dalam Menyelesaikan Tugas yang Sulit Baginya

Tantrum dapat dipicu oleh hal-hal sederhana, misalnya ketika seorang anak mengalami kesulitan dalam mengenakan sepatu. Jika itulah yang menjadi penyebabnya, ibu dapat dengan lembut menanyakan alasan di balik kemarahan anak dan memberikan bimbingan untuk tugas yang sulit dilakukan sendiri.

Demikianlah beberapa metode untuk mengatasi anak tantrum. Mulai dari mengabaikannya, menangani perilaku agresifnya, hingga memberikan bantuan pada anak untuk melakukan hal yang dianggap sulit. 

Jika upaya tersebut belum membuahkan hasil, pilihan terakhir yang dapat dilakukan untuk mengatasi anak tantrum adalah dengan memberikan pelukan erat. Karena diyakini bahwa pelukan dapat membantu meredakan kemarahan yang meluap pada si kecil. (amp/*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: