6 Rekomendasi Tanaman Pengusir Nyamuk yang Wajib Dimiliki Setiap Rumah

6 Rekomendasi Tanaman Pengusir Nyamuk yang Wajib Dimiliki Setiap Rumah

6 Rekomendasi Tanaman Pengusir Nyamuk yang Wajib Dimiliki Setiap Rumah-Instagram @roots_and_refuge-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Nyamuk sering menjadi salah satu serangga yang cukup mengganggu bagi banyak orang. Tak hanya menyebabkan gatal, gigitan nyamuk juga berpotensi menyebarkan berbagai penyakit. 

Maka dari itu, ditemukan berbagai obat yang dapat digunakan untuk membasmi nyamuk di dalam rumah, mulai dari semprot hingga bakar.

Meskipun demikian, ada beberapa cara alami untuk mengusir nyamuk tanpa menggunakan obat-obatan. Salah satunya adalah dengan menanam tanaman pengusir nyamuk di sekitar rumah. 

Apa saja tanaman pengusir nyamuk tersebut? Berikut beberapa rekomendasinya. 

1. Lavender

Siapa yang tidak mengenal lavender? Tanaman hias ini terkenal karena bunga ungu yang indah dan memiliki kemampuan untuk mengusir serangga seperti nyamuk, ngengat, dan lalat.

BACA JUGA:8 Penyakit yang Disebabkan Oleh Nyamuk, Tak Hanya Demam Berdarah dan Malaria saja!

BACA JUGA:Butuh Waktu, Inovasi Nyamuk Wolbachia Belum Diterapkan di Purbalingga

Tanaman hias lavender menghasilkan aroma yang berasal dari minyak esensial di dalam tanaman. Bau harum yang dilepaskan oleh bunga lavender mampu memberikan aroma segar pada udara, namun tidak disukai oleh nyamuk.

Cara yang efektif untuk memanfaatkan lavender sebagai pengusir nyamuk dan hama adalah dengan menggosok tanaman untuk melepaskan minyaknya. Tanaman pengusir nyamuk ini juga sangat kokoh dan dapat bertahan dalam kondisi kekeringan setelah ditanam, serta hanya membutuhkan paparan sinar matahari penuh.

2. Lemon Balm

Lemon balm, yang merupakan bagian dari keluarga mint, memiliki bunga berwarna putih dan aroma lemon yang lembut dan menenangkan. Salah satu kegunaan dari tanaman hias lemon balm adalah sebagai tanaman pengusir nyamuk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: