Memahami Gejala Malaria, Begini Agar Tidak Terlambat!

Memahami Gejala Malaria, Begini Agar Tidak Terlambat!

Gejala Malaria-Swacon Hospital-

Beberapa penderita malaria mengalami mual dan muntah, yang dapat menyebabkan dehidrasi jika tidak diatasi dengan baik.

  • Gangguan Pernapasan

Dalam kasus yang parah, malaria dapat menyebabkan gangguan pernapasan yang mengancam nyawa. Ini biasanya terjadi pada infeksi yang tidak segera diobati.

Adapun berikut penyebab malaria dan upaya pencegahannya:

BACA JUGA:Jalan Panjang Prof Adi Utarini Sampai Jadi Peneliti dan Tokoh Berpengaruh, Sempat Jadi Asisten Juru Malaria De

BACA JUGA:Kebumen Raih Penghargaan Eliminasi Malaria

Penyebab Malaria

  • Parasit Plasmodium

Malaria disebabkan oleh parasit Plasmodium yang ditularkan melalui gigitan nyamuk Anopheles yang terinfeksi. 

Ada beberapa spesies Plasmodium yang menyebabkan malaria, tetapi P. falciparum dan P. vivax adalah dua yang paling umum dan dapat menyebabkan bentuk malaria yang lebih serius.

  • Nyamuk Anopheles

Nyamuk Anopheles bertindak sebagai vektor atau perantara penularan malaria. Saat nyamuk menggigit seseorang yang terinfeksi malaria, parasit Plasmodium masuk ke dalam sistem saluran pencernaan nyamuk. 

Setelah periode perkembangan tertentu, parasit tersebut dapat ditransfer kembali ke manusia melalui gigitan nyamuk berikutnya.

  • Transmisi Darah

Malaria dapat ditularkan melalui darah. Jika seseorang menerima transfusi darah yang terkontaminasi atau menggunakan alat suntik yang tidak steril yang sebelumnya digunakan oleh penderita malaria, hal ini dapat menyebabkan penularan penyakit tersebut.

BACA JUGA:Banjarnegara Tiga Tahun Bebas Malaria

BACA JUGA:Banjarnegara Belum Bebas Malaria

  • Transmisi Ibu ke Janin

Pada beberapa kasus, malaria dapat ditularkan dari ibu hamil yang terinfeksi ke janin selama kehamilan. Hal tersebut dapat terjadi karena parasit Plasmodium dapat menyebar ke plasenta, memasuki aliran darah janin, dan menyebabkan infeksi pada bayi yang belum lahir.

Pencegahan Malaria

  • Penggunaan Kelambu Tertutup Insektisida

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: