Angka Lakalantas di Cilacap Meningkat, Ini Upaya Satlantas Polresta Cilacap

Angka Lakalantas di Cilacap Meningkat, Ini Upaya Satlantas Polresta Cilacap

Petugas Satlantas Polresta Cilacap saat melakukan olah TKP kejadian lakalantas yang akibatkan seorang santriwati meninggal dunia di Kedungreja, beberapa waktu lalu-Unit Gakkum Satlantas Polresta Cilacap Untuk Radarmas-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Angka kecelakaan lalu lintas bulan Oktober 2023 di Kabupaten CILACAP mengalami kenaikan, jika dibandingkan dengan kejadian lakalantas di bulan September 2023.

Dari data Satlantas, pada bulan September telah terjadi kecelakaan lalu lintas sebanyak 86 kejadian dengan korban meninggal dunia sebanyak 27 korban. Sedangkan bulan Oktober, tercatat telah terjadi 122 kejadian dengan korban meninggal dunia sebanyak 17 korban.

Kasatlantas Polresta Cilacap Kompol Nunung Farmadi melalui Kepala Unit Gakkum Ipda Adim Haryoko menjelaskan, jenis kecelakaan yang mendominasi adalah kecelakaan tunggal dan kecelakan dengan pejalan kaki.

"Artinya, kebanyakan kejadian lakalantas disebabkan oleh kesalahan yang dibuat oleh pengendara sendiri atau human error," katanya, Senin (20/11/2023).

BACA JUGA:Sekda Cilacap Awaluddin Muuri Dilantik Jadi Pj Bupati Cilacap Gantikan Yunita Dyah Suminar

BACA JUGA:29 Napiter asal Rutan Cikeas Ditempatkan di Lapas Dengan Pengamanan Super Maksimum di Nusakambangan

Menurutnya, dari jumlah lakalantas tersebut, untuk jumlah korban luka ringan pada bulan Oktober sebanyak 186 dengan kerugian material Rp 52,3 juta. Sedangkan pada bulan September, terdapat 87 korban luka ringan dengan kerugian material sekitar Rp54,5 juta.

"Banyak faktor penyebab yaitu kelelahan, pengendara tidak fokus serta tidak memperhatikan kelengkapan berkendara dan jarak aman," lanjutnya.

Untuk mengatisipasi hal itu, pihak Satlantas Polresta Cilacap telah melakukan berbagai upaya seperti melakukan sosialisasi keamanan berkendara dengan menyasar berbagai elemen masyarakat.

"Selain sosialisasi secara langsung, kita lakukan pemasangan papan informasi serta rambu lalu lintas di lokasi rawan kecelakaan. Kemudian kita berikan imbauan kepada masyarakat agar menaati peraturan lalu lintas," pungkasnya. (jul)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: