Tour Wisata di Kampung Kopi Banaran Semarang

Tour Wisata di Kampung Kopi Banaran Semarang

Tour Wisata di Kampung Kopi Banaran Semarang-Wisato-

RADARBANYMAS.DISWAY.ID - Kampung Kopi Banaran, terletak di wilayah Semarang, Jawa Tengah, menjadi destinasi yang menyenangkan bagi para pecinta kopi dan pengunjung yang mencari pengalaman unik. Kawasan ini terkenal karena produksi kopi berkualitas tinggi dan memiliki sejarah yang kaya terkait dengan budidaya kopi.

Popularitas Kampung Kopi Banaran telah meroket dalam beberapa tahun terakhir sebagai destinasi wisata yang menarik. Hal ini tidak hanya karena kelezatan kopi yang dihasilkan, tetapi juga karena suasana pedesaan yang memukau dan kegiatan yang tersedia bagi pengunjung, seperti tur perkebunan kopi, pengalaman langsung dalam proses pengolahan kopi, serta pemandangan alam yang memesona.

Kehadiran Kampung Kopi Banaran memberikan kontribusi besar terhadap industri pariwisata lokal. Dengan menariknya wisatawan ke kawasan ini.

Kampung tersebut membantu menggerakkan ekonomi lokal, memperkenalkan warisan budaya kopi kepada pengunjung, serta memberikan peluang bagi masyarakat lokal untuk berkembang melalui penjualan produk-produk khas dan kerajinan lokal.

Sejarah Kampung Kopi Banaran

Kampoeng Kopi Banaran bukan hanya sekadar destinasi wisata, tetapi juga sebuah transformasi inovatif dari PT. Perkebunan Nusantara IX (Persero) untuk meningkatkan penjualan kopi hasil produksi kebun. Pada tahun 2002, sebagian area perkebunan kopi diremajakan menjadi sebuah agrowisata yang memikat, diberi nama Kampoeng Kopi Banaran.

BACA JUGA:Jelajah Wisata Edukasi Cimory On The Valley

BACA JUGA:Momen Libur Nataru Diharapkan Jadi Peluang Dongkrak Wisata Banyumas

Terletak di ketinggian 480 hingga 600 meter di atas permukaan laut, tempat ini menawarkan pengalaman dengan udara sejuk berkisar antara 23 sampai 27 derajat Celsius, menjadi tempat yang ideal untuk menikmati kehangatan secangkir kopi robusta. Perkebunan Getas, yang menjadi pondasi bagi Kampoeng Kopi Banaran, telah berdiri sejak tahun 1911 dan menjadi inti dari produksi Kopi Banaran yang kualitas ekspornya sangat disegani.

Kawasan perkebunan yang luasnya sekitar 400 hektar ini, dengan pohon-pohon tertua yang telah berusia 60 tahun, memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk menjelajahi dan menikmati kopi langsung dari sumbernya.

Spot Kampoeng Kopi Banaran

Kampoeng Kopi Banaran menjadi tujuan yang menarik dengan fasilitas penginapan yang beragam bagi para tamu. Menurut situs resmi Kampoeng Kopi Banaran, pilihan penginapan meliputi fasilitas camping, resort, dan villa.

Selain itu, terdapat beragam restoran yang menjadi daya tarik tersendiri, seperti Sky View, Banaran 9 Resto, dan Barbeque Camp. Setiap restoran memiliki konsep yang unik, menawarkan pengalaman kuliner yang berbeda bagi pengunjung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: