Persiapan Sebelum Mati Lampu atau Pemadaman Listrik Mendadak

Persiapan Sebelum Mati Lampu atau Pemadaman Listrik Mendadak

Persiapan Sebelum Mati Lampu atau Listrik Padam yang Bisa Kalian Lakukan-Brilio.net-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID – Mati lampu atau listrik padam biasanya sering terjadi saat musim hujan. Untuk beberapa daerah pemadaman listrik sangatlah diperlukan saat hujan besar. Hal ini untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Saat mati lampu atau listrik padam ada banyak orang yang tidak mengetahui dan siap. Kebanyakan listrik yang padam dan mati lampu terjadi secara mendadak.

Keadaan padamnya listrik dan mati lampu memang terjadi secara mendesak dan tiba-tiba. Apalagi jika kalian belum mengisi baterai.

BACA JUGA:Rawan Bencana di Musim Penghujan, Distribusi Logistik Pemilu 2024 di Purbalingga Jadi Perhatian Khusus

BACA JUGA:Awal Penghujan Rawan Pohon Tumbang di Purbalingga

Jika listrik padam atau mati lampu banyak sekali aktivitas yang terhambat. Apalagi saat hujan besar tidak banyak hal yang bisa dilakukan saat hujan.

Oleh karena itu kalian harus mempersiapkan diri saat listrik padam. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan disiapkan saat listrik padam.

Berikut adalah persiapan yang harus dipersiapkan saat listrik padam. Agar kalian tidak kesusahan saat listrik padam terjadi.

1. Persiapkan Lampu Cadangan Sebelum Listrik Padam

Lampu merupakan hal yang sangat penting ketika listrik padam atau mati lampu. Cahaya merupakan hal yang sangat dibutuhkan saat listrik padam atau mati lampu.

BACA JUGA:Hujan dan Angin Kencang, Pohon di TPU Kedawung, Cilacap Tumbang

BACA JUGA:Diguyur Hujan Lebat Semalaman, 7 Desa di Banyumas Timur Terendam Banjir

Terlebih lagi jika pemadaman listrik atau mati lampu terjadi saat malam. Kalian harus mempersiapkan lampu cadangan sebelum listrik padam dan mati lampu.

Lampu yang biasa direkomendasikan adalah lampu dengan baterai. Bukan lampu cadangan yang perlu di charge oleh listrik.

Senter dengan baterai juga perlu kalian persiapkan. Karena senter lebih mudah digunakan dan mudah dibawa untuk menerangi saat listrik padam atau mati lampu di malam hari.

Kalian juga bisa mempersiapkan lilin sebelum listrik padamm atau mati lampu. Tetapi lilin kurang direkomendasikan saat mati lampu atau listrik padam.

BACA JUGA:Inilah Inspirasi OOTD Musim Hujan Agar Tetap Stylish

BACA JUGA:Kekeringan di Banyumas Diperkirakan Hingga Akhir November, Meski Sudah Mulai Turun Hujan

Sangta disarankan untuk menyalakan lilin diruangan yang terbuka. Karena lilin dapat menyebabkan kebakaran jika tidak diletakkan di tempat yang aman.

2. Uang atau Dana Darurat saat Listrik Padam

Uang atau dana darurat sangatlah penting dimiliki saat listrik padam atau lampu. Karena untuk berjaga-jaga ketika listrik padam.

Beberapa ATM tidak bisa digunakan saat listrik padam atau mati lampu. Pembayaran online juga tidak bisa dilakukan karena saat listrik padam internet juga mati.

Semua internet dan operator sangat terhambat dan tidak bisa digunakan saat listrik padam. Komunikasi saat terjadii listrik padam juga tidak akan berfungsi dengan baik.

BACA JUGA:Waspada Dampak Hujan Asam dan Penyebabnya

BACA JUGA:Jangan Salah! Inilah 5 Manfaat Menggunakan Sunscreen Meski Musim Hujan

Oleh sebab itu uang atau dana darurat sangat diperlukan saat listrik padam atau mati lampu. Kalian tidak akan mengetahui berapa lama pemadaman akan dilakukan.

3. Menyiapkan Makanan Cepat Saji

Saat listrik padam atau mati lampu makanan merupakan hal yang sangat penting. Menyiapkan makanan cepat saji sangat diperlukan.

Karena kalian tidak bisa mencari atau membeli makanan saat listrik padam atau mati lampu. Oleh karena itu makanan cepat saji perlu dipersiapkan untuk mati lampu.

Kalian harus menyiapkan makanan yang awet dan tidak mudah busuk dalam waktu lama. Kalian juga bisa menyiapkan makanan instant atau cepat saji yang mudah disiapkan dengan kompor gas.

BACA JUGA:Curah Hujan di Banyumas Belum Merata, BMKG Prediksi November Dasarian Ketiga

BACA JUGA:Awal Penghujan, Bencana Tanah Longsor Berpotensi Tinggi

4. Selalu Mengisi Air Sampai Penuh

Mempersiapkan air juga sangat penting saat listrik padam atau mati lampu. Karena air sangat diperlukan saat listrik padam untuk mandi, toilet, minum, dan keperluan lainnya.

Pemasukan sumber air akan terhambat jika listrik padam. Oleh sebab itu air ditempat kalian harus dipersiapkan untuk memenuhi kebutuhan kalian.

Nah, itu tadi adalah persiapan yang bisa kalian lakukan saat mati lampu atau listrik padam. Karena listrik padam tidak bisa diprediksi. Apalagi jika hujan badai sedang terjadi. (aru)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: