Awal Penghujan Rawan Pohon Tumbang di Purbalingga

Awal Penghujan Rawan Pohon Tumbang di Purbalingga

Petugas BPBD Purbalingga saat memotong pohon tumbang diterjang angin ribut, beberapa bulan lalu.-DOK AMARULLAH/RADARMAS-

PURBALINGGA,RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Hujan sudah mulai mengguyur wilayah di PURBALINGGA, termasuk di desa-desa. Masyarakat harus waspada, karena dari hampir sebulan ini, hujan masih disertai angin kencang.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Purbalingga Priyo Satmoko, Rabu 30 November 2023 mengatakan, seperti biasa, menjelang penghujan, ada pancaroba. Peralihan musim ini layak diwaspadai oleh masyarakat, terutama di wilayah rawan bencana alam saat penghujan.

"Angin puting beliung sampai angin ribut tetap berpotensi. Jauhi atau potong pepohonan besar atau yang sudah tua dan terlihat rapih," katanya.

BACA JUGA:Proyek Parapet Sungai Angin Banyumas, Ini Kata Pengawas BBWSSO

Ia mengimbau kepada masyarakat agar waspada dan siaga. Pasalnya, meski intensitas hujan belum terlalu tinggi, masyarakat harus peka dan memahami perubahan lingkungan yang ada.

Beberapa wilayah yang rawan bencana angin ribut seperti Kutasari, Karangmoncol, Karanganyar, Padamara juga diminta lebih dini mewaspadainya. Namun sampai saat ini belum ada laporan terkait terjadinya bencana itu.

BACA JUGA:Masih Tunggu Gembok Siap, Penerapan Sanksi Parkir di Purwokerto Awal Desember

Di kawasan perkotaan juga masih ada potensi tumbangnya pohon peneduh di pinggir jalan. Pengguna kendaraan di jalan dan rumah yang dekat dengan pohon peneduh yang sudah tua wajib mengantisipasinya. (amr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: