Ketahui 4 Cara Mencegah Hiperpigmentasi Kulit yang Menghantui!

Ketahui 4 Cara Mencegah Hiperpigmentasi Kulit yang Menghantui!

Ketahui 4 Cara Mencegah Hiperpigmentasi Kulit yang Menghantui!-Freepik-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Munculnya noda hitam di permukaan wajah seringkali menimbulkan kekhawatiran. Dikenal sebagai hiperpigmentasi, noda hitam ini mampu membuat kulit wajah terlihat kusam. Meskipun bisa tersamarkan dengan makeup, namun jika tidak diatasi hingga ke akarnya, tentu saja hal tersebut dapat menimbulkan ketidaknyamanan.

Tidak ingin menghadapi dilema hiperpigmentasi yang mengganggu penampilan, bukan? Terdapat empat langkah yang dapat diambil untuk mencegah hiperpigmentasi kulit

1. Hindari untuk Memencet Jerawat

Kebiasaan memencet jerawat juga menjadi faktor utama penyebab hiperpigmentasi pada wanita. Tindakan tersebut dapat menyebabkan kerusakan dan peradangan pada kulit, yang pada akhirnya mendorong produksi melanin dalam tubuh. Kondisi ini dapat menyebabkan timbulnya hiperpigmentasi.

Untuk mencegah hiperpigmentasi kulit, disarankan untuk menghentikan kebiasaan memencet jerawat. Selain berisiko meninggalkan bekas noda hitam, paparan bakteri dari tangan juga dapat sangat tinggi, yang dapat memperburuk jerawat dan menyebabkan iritasi kulit. 

BACA JUGA:5 Tips Cara Merawat Kulit Wajah yang Berjerawat

BACA JUGA:Tips Untuk Anda Ingin Perawatan Kulit Berminyak dan Berjerawat

Jika Anda menghadapi masalah jerawat, lebih baik atasi dengan menggunakan perawatan khusus untuk jerawat yang dapat mengatasi masalah tersebut dengan lebih aman.

2. Rutin Menggunakan Sunsreen

Apakah Anda mengetahui bahwa paparan sinar matahari dapat menjadi salah satu penyebab munculnya noda hitam di wajah? Radiasi sinar matahari dapat merangsang produksi melanin dalam tubuh, yang pada gilirannya menyebabkan pembentukan bintik-bintik hitam di permukaan kulit.

Oleh karena itu, pastikan untuk memberikan perlindungan ekstra pada kulit Anda terhadap paparan sinar matahari. Jangan lupakan penggunaan tabir surya, karena efek radiasi sinar UV masih dapat dirasakan bahkan saat cuaca mendung. Selain itu, disarankan untuk mengaplikasikan ulang tabir surya setiap 2 jam untuk memberikan perlindungan yang optimal, serta untuk mencegah hiperpigmentasi kulit. 

3. Perbaiki Gaya Hidup

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: